Di Sini Cara Pembuatan Website

Promosikan Usaha Anda di sini cuma Rp 250.000 / tahun!

Pengetahuan Tentang Burung

Sumber: Ensiklopedia Sains Seri Pustaka Hewan Liar
Burung adalah satu-satunya makhluk hidup yang berbulu. Bulu-bulu itu melindungi dan membentuk permukaan sayap yang luas dan ringan untuk terbang. Bulu juga berfungsi menjaga supaya suhu tubuh tetap hangat-seperti mamalia, burung adalah hewan berdarah panas. Beberapa burung memiliki bulu yang berfungsi untuk kamuflase (berpadu dengan lingkungannya), sedangkan beberapa burung lain memiliki bulu yang berwarna mencolok untuk memperingatkan pemangsa atau menarik mangsanya. Semua burung memiliki paruh yang terbuat dari bahan yang kuat seperti tanduk. Bentuk paruh sesuai dengan jenis makanannya. Semua burung juga memiliki kaki yang bersisik dan bercakar serta berkembang biak dengan cara bertelur, biasanya di dalam sarang yang dibuat oleh induknya. Sebagian besar induk burung seperti rajawali emas sangat perhatian kepada anaknya yang masih kecil dan selalu membawakannya makanan. Burung rajawali emas melindungi anaknya yang masih kecil dalam waktu yang cukup lama. Burung rajawali emas muda tidak akan meninggalkan sarangnya kurang lebih selama sepuluh minggu.

Paruh burung digunakan untuk makan, membersihkan bulu-bulunya (menjaganya agar tetap bersih dan rapi), mengangkat bahan-bahan untuk membuat sarang dan untuk menyerang musuh-musuhnya. Bentuk paruh burung menentukan jenis makanan burung tersebut. Burung Tukan memiliki paruh sangat besar dan berwarna cerah, tetapi sangat ringan yang dapat digunakan untuk mengambil buah-buahan dan biji-bijian di pucuk dahan. Paruh burung Beo yang besar dan bengkok bekerja seperti alat pemecah kacang untuk memecahkan biji-bijian yang snagat keras. Beberapa burung Kolibri memiliki paruh panjang seperti jarum yang dapat menyusup ke dalam bunga dan menyerap sari bunganya yang manis dan mengandung banyak energi. Burung pada umumnya, seperti burung gagak dan burung hitam, memiliki paruh multi fungsi untuk makan tumbuhan dan hewan kecil, seperti cacing.



Promosikan Usaha Anda di sini cuma Rp 250.000 / tahun!

Burung Pemangsa

Sebagian dari burung yang paling besar dan ganas adalah burung pemangsa. Ada lebih dari 300 spesies burung pemangsa, antara lain elang, kondor, hering, rajawali, buzzard, burung layang-layang, falkon, harrier, dan kestrel. Mereka memiliki kaki yang kuat dengan kuku tajam yang disebut cakar untuk mencengkeram mangsa dan paruh yang ujungnya seperti pengait untuk merobek daging. Sebagian besar burung pemangsa memiliki mata yang besar dan tajam untuk berburu.

Perbandingan Besar Burung

Rentang sayap Lebar
Albatros pengembara
Bangau Marabu
Kondor Andes
Angsa
3,6 m
3,2 m
3 m
2,8 m

Burung yang Tidak Dapat Terbang

Ada lebih dari 50 spesies burung yang tidak dapat terbang, antara lain burung Kiwi dari Selandira Baru dan beberapa burung perairan yang disebut rail. Jenis burung yang tidak dapat terbang terbesar adalah burung untuk Afrika, burung Emu Australia, dan burung rhea Amerika Selatan. Burung-burung jenis ini memiliki sepasang kaki yang kuat dengan jari di setiap kakinya. Burung unta dapat berlari sangat cepat selama setengah jam tanpa henti sampai mencapai kecepatan 75 km per jam. Burung unta makan berbagai makanan, seperti biji-bijian, buah-buahan dan serangga.

Burung unta adalah burung pelari tercepat berkaki dua. Burung unta tidak dapat terbang namun sayapnya memiliki fungsi yang lain, seperti untuk memukul lawan, memikat pasangan, dan melindungi telurnya dari terik matahari.

Burung Laut

Ratusan jenis burung hidup di atas, di sekitar atau di dekat laut. Burung ganet adalah burung laut yang menukik dan menyelam untuk menangkap mangsa dari ketinggian 30 m. Burung ganet berkembang biak dalam kelompok yang penuh sesak dan sangat ramai. Untuk mendapatkan makanan, burung ganet menukik dari udara dan menangkap cumi-cumi, ikan dan makhluk laut lainnya dengan cepat dari permukaan air dengan ujung paruhnya yang bengkok. Burung laut lainyang paling mengesankan adalah albatross pengembara, yang dapat terbang di atas laut selama berminggu-minggu, melayang-layang dalam hembusan angin.

Tulang tengkorak burung ganet yang kuat melindunginya saat menukik dan menyelam dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Pemburu Malam

Saat malam tiba, burung pemangsa, seperti rajawali beristirahat, sedangkan bagi burung hantu itulah saat untuk keluar dari lubang pohon, goa-goa atau reruntuhan yang merupakan sarangnya. Pemburu malam ini menangkap mangsanya mulai dari kumbang dan tikus sampai anak kelinci dan terwelu. Burung hantu melihat dengan baik dalam kegelapan dengan matanya yang besar. Mereka juga memiliki pendengaran terbaik di antara semua burung-telinganya tersembunyi di balik bulu kepalanya.

Seekor burung hantu kembali ke sarangnya dengan membawa makanan. Burung hantu memakan tikus, anak tikus, dan sebagian besar serangga.

Melayang di dalam Air

Penguin mengepakkan sayapnya yang berbentuk seperti sirip untuk mempercepat gerakanya di dalam air saat mengejar mangsa. Semua penguin hidup di sepanjang pesisir dan pantai di belahan bumi selatan dan beberapa jenis penguin hidup di gunung-gunung es atau di benua bersalju Antartika. Mereka mencari makanannya di laut, seperti ikan-ikan kecil, cumi-cumi dan udang.

Ketika menyelam untuk mencari makan, beberapa penguin dapat bertahan di dalam air lebih dari 20 menit tanpa harus naik ke permukaan untuk menghirup oksigen.

Fakta Tentang Burung

  • Ada sekitar 9.000 spesies burung-dua kali lebih banyak dari spesies mamalia.
  • Ada 18 spesies pada kelompok penguin dan ada 65 spesies pada kelompok pelican termasuk darter, kormoran, burung tropis, ganet dan bubi.
  • Kelompok burung hantu terdiri atas 205 spesies.
  • Lebih dari separuh spesies burung, sekitar 5.400 spesies termasuk dalam kelompok burung paserin, atau burung yang bertengger.
  • Spesies burung terbesar kedua adalah kelompok burung layang dan burung kolibri yang memiliki 425 spesies.
  • Ada sekitar 380 spesies burung pelatuk dan burung tukan.
  • Bahan bagian terluar paruh burung adalah keratin (seperti kuku manusia).
  • Sebagian besar burung memiliki tiga jenis bulu: bulu lebar pada sayap untuk terbang, bulu lebih kecil untuk menutupi dan melindungi tubuh, dan bulu halus berguna untuk menjaga tubuh burung tetap hangat.
  • Paruh

    Paruh burung adalah alat untuk makan, jadi sangat penting bagi burung untuk selalu menjaga agar paruhnya tetap bersih dan tidak rusak. Seekor burung sering menusukkan paruhnya ke dalam tanah yang remah untuk menghilang kotoran yang menempel di paruhnya. Di bawah lapisan keratin paruh burung adalah tulang rahang atas dan rahang bawah – maksila dan mandibula. Tulang ini digerakkan bersama kepalanya untuk menghindarkan paruh dari kerusakan. Pada umumnya, semakin pendek paruh burung semakin besar kekuatan yang dihasilkan untuk makan makanan keras.

    Burung Vanga berparuh sabit menggunakan paruhnya untuk memeriksa kulit kayu dan mencari serangga. Posisi paruh atas dan bawah burung crossbill (paruh palang) saling menyilang sehingga paruhnya dapat dengan mudah membuka runjung pinus.

    Penombak Ikan

    Ada hampir 200 spesies burung pekaka di seluruh dunia. Sebagian besar memiliki paruh yang panjang dan tajam seperti pisau belati untuk menombak ikan mangsanya. Burung Pekaka Eurasia memiliki warna bulu yang sangat mencolok, seperti biru, hijau, dan oranye, dan bersarang di dalam lubang-lubang di pinggir sungai. Namun, jenis burung pekaka yang terbanyak – burung Kukabura Australia-jarang makan ikan, burung ini lebih suka makan mamalia kecil dan kadal, dan hidup di hutan, taman dan kebun. Suaranya yang paru membuatnya dijuluki ‘orang tolol tertawa’.

    Seekor burung pekaka Eurasia sedang melihat mangsanya dari sebatang dahan di atas sungai.

    Sarang

    Beberapa burung tidak membuat sarang. Burung guillemot meletakkan telurnya di sisi tebing di tepi laut, sedangkan beberapa burung plover meletakkan telurnya yang belang-belang di antara bebatuan yang berwarna hampir sama dengan telurnya di hamparan pantai. Namun, sebagian besar burung menggali atau membuat sarang dari berbagai bahan yang mudah dibawa untuk melindungi telur mereka. Burung flamingo membangun salah satu sarang terbesar dari dahan dan ranting di atas atap atau dicerobong rumah.

    Burung murai betina mengerami telur di sarangnya yang terbuat dari rumput dan lumut, biasanya terletak pada cabang pohon.

    Melayang

    Burung layang-layang Eurasia menghabiskan waktunya di udara karena kakinya sangat kecil dan lemah. Saat terbang, burung layang-layang dapat berbelok dan berganti arah untuk berburu lalat dan serangga. Paruhnya kecil, namun dapat terbuka lebar dengan bulu-bulu di sisinya untuk membantu memasukkan mangsa ke dalam mulutnya. Burung layang-layang juga dapat kawin, menukik untuk minum, dan terbang sangat tinggi untuk tidur-semua dilakukan dengan melayang. Jika burung layang-layang mendarat di permukaan datar, dia akan kesulitan untuk berdiri dan sulit untuk melakukan lepas landas.

    Burung layang-layang menghabiskan musim dingin di Afrika sebelum memulai perjalanan (migrasi) ke Eropa dan Asia Timur untuk berkembang biak di musim panas. Pada malam hari mereka terbang rendah secara berkelompok kemudian perlahan-lahan bertambah tinggi untuk tidur di udara.

    Siulan dan Kicauan

    Beberapa burung bersuara dengan menggunakan pita suara khusus yang terdapat di lehernya yang disebut siring. Siulan biasanya pendek dank eras untuk memperingatkan adanya bahaya. Kicauan biasanya lebih panjang dan lebih berirama. Setiap burung mempunyai kemampuan tertentu untuk berkicau dan menirukan burung lain.

    Burung mocking dari Amerika Utara dan Selatan disebut burung cerewet karena mereka menirukan suara burung spesies lain.

    Berkembang Biak bersama

    Beberapa burung, seperti burung camar, burung laut, dan burung berkaki panjang, flamingo berkembang biak dalam kelompok yang besar atau koloni. Setiap pasangan burung flamingo membuat sarang seperti mangkuk yang besar dalam lumpur di danau yang dangkal. Kedua induk flamingo memberi makanan anak-anaknya selama dua minggu. Kemudian anak-anaknya berkumpul bersama dalam kawanan besar atau creche. Beberapa koloni flamingo dapat mencapai setengah juta, baik yang dewasa maupun yang masih kecil.

    Burung flamingo makan, berkembang biak, berburu mangsa dan terbang dalam kelompok. Mereka memakan hewan kecil yang ada di air.


    Diperbaharui: 03 December 2017 22:03:48.

    loading...

    loading...
    Di Bawah ini cara Berburu Uang Bitcoin


    Bisnis Siap Madan
    bisnis Bisnis siap madan yang menguntungkan,modal relatif sedikit tapi menjanjikan untung yang besar...baca.
    Ritual Nyeleneh Untuk Menangkal Wabah
    ritual Sekelompok orang,lelaki dewasa bergerombol berjalan kaki menyusuri jalan-jalan desa...baca.
    Puisi Berbahasa Indonesia
    puisi Kumpulan puisi karya dari Eka Senaya yang merupakan kisah perjalanan dan cerminan hidup...Baca Puisi.
    Puisi Berbahasa Bali
    Kumpulan puisi Berbahasa Bali karya dari Eka Senaya tentang lingkungan Bali, kritik sosial,perjalanan hidup...Baca Puisi.
    Karya Sketsa
    sketsa Kumpulan karya sketsa dari Eka Senaya tentang kehidupan,alam dan Budaya Bali...Lihat.
    Kalender

    INPORMASI PENTING

    loading...

    Di Bawah Ini Cara Menghasilkan Bitcoin di Internet!

    Ilmu Agama Hindu

    - Doa Sehari-hari
    - Memulai beraktivitas 1
    - Memulai beraktivitas 2
    - Di tempat tertentu
    - Gagelaran Balian
    - Kakambuh Rare
    - Pamegat Sot
    - Mantra bebantenan
    - Mantra Pemangku
    - Sejarah Pr Besakih
    - Kahyangan Jagat
    - Pura Padharman
    - Pura Dadya di Besakih
    - pengertian Kamulan
    - Fungsi s.kamulan
    - Jenis2 s. kamulan
    - Cara Mendirikan kamulan
    - Nuntun Dewa Pitara
    - Piodalan di s.kamulan
    - Soroh Sesayut/Tebasan
    - Banten Pamelaspas
    - Banten Kasanga
    - Banten Galungan
    - Banten Saraswati
    - Banten Pawintenan
    - Banten Pacaruan
    - Mantra bebantenan
    + Materi Kelas II
    + Materi Kelas III
    + Materi Kelas IV
    + Materi Kelas V
    + Materi Kelas VI
    - Sikap Sembahyang Hindu
    - Kodefikasi Weda
    - Serba-serbi Padewasan
    - Tentang Rerainan Bali
    - Tata cara Pengabenan
    - Jenis2 Perkawinan Bali
    - Upacara Potong gigi
    - Dharmagita

    Primbon Bali
    - Menurut Pranatamongso
    - Menurut zodiak
    - Menurut shio
    - Menurut Wuku
    - Menurut Lintang
    - Tentang Carcan soca

    Info Kesehatan
    - Jenis-jenis Narkoba
    - Ciri-ciri Pecandu
    - Cara Cegah Narkoba
    - :: P 3 k ::
    - Khasiat Tanaman Obat
    - Berat,kebutuhan Kalori
    - Kalender Masa Subur
    - Bahaya Sakit Perut
    - Awas Bahaya Plastik

    Yuk Sastra
    - Chairil Anwar
    - Sanusi Pane
    - Amir Hamzah
    - Kiat Menulis Cerpen
    - Contoh Puisi Anak sd
    - Contoh Pidato Perpisahan

    Ilmu Pertanian
    - Cara Stek
    - Cara Merunduk
    - Cara Okulasi
    - Cara Menyambung
    - Cara Mencangkok
    - Cepat Tumbuh Akar
    - Kegagalan Mencangkok
    - Insektisida/Pupuk Organik

    Pengetahuan Umum
    - Apakah Mamalia itu?
    - Tentang Burung
    - Tentang Reptilia
    - Tentang Amfibi
    - Tentang Ikan
    - Tentang Serangga
    - Berkaki Delapan
    - Hewan Bercangkang
    - Moluska dan Cacing
    - Ibukota Negara2 Asia
    - Ibukota Negara2 Afrika
    - Ibukota Negara2 Eropa
    - Ibukota di Amerika & Oceania
    - Air Terjun Tertinggi
    - Danau Terbesar di Dunia
    - Laut Terluas Di Dunia
    - Sungai Jembatan
    - Gunung Tertinggi di Dunia
    - Gurun Terluas di Dunia
    - Tanggap G.Meletus
    - Tanggap Gempa
    - Tanggap Tsunami
    - Sejarah G.P.Indonesia
    - Lambang G. Pramuka
    - Organisasi Gudep
    - Pramuka Siaga
    - Pramuka Penggalang
    - Pramuka Penegak
    - Pramuka Pandega
    - SAKA
    - Tahukah Kamu
    - Matauang di Dunia
    - Nama-nama Penemu
    - Induk Organisasi Olahraga
    - Terpanas Di Bumi
    - Rumus Kadar Emas
    - Peringatan hari penting
    - Seri nomor Kendaraan
    - Gunung2 di Indonesia
    - Laut dan Selat di Indonesia
    - Sungai Besar di Indonesia
    - Danau2 di Indonesia
    - Kenapa Terjadi Petir?
    - Serba-serbi Manusia
    - Kamus Sain SD

    Lain-lain
    - Silabus
    - Rpp
    - Administrasi Guru
    - Permainan
    - Karawitan/Gambelan
    - Bali Tempoe doeloe
    - Genjek Perpisahan
    + Indik Aksara
    + Indik Kruna
    + Indik Lengkara
    + Indik Paribasa Bali
    + Indik Pangater
    + Indik Seselan
    + Indik Pangiring
    + Indik Anusuara
    - Anting Gunung

    Ruang Pembaca