Di Sini Cara Pembuatan Website

Promosikan Usaha Anda di sini cuma Rp 250.000 / tahun!

Pengetahuan Tentang Mamalia

Sumber: Ensiklopedia Sains Seri Pustaka Hewan Liar
Dua ekor anak monyet
Dua ekor anak monyet
Singa siap menerkam
Singa siap menerkam
Singa sedang istirahat
Singa sedang istirahat

Hewan memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda,dan hidup dalam berbagai macam habitat yang luas. Jadi apa yang menjelaskan ciri-ciri mahluk itu sehingga mereka semua disebut hewan? Seperti halnya tumbuhan,tubuh mereka terdiri dari banyak bagian sangat kecil yang disebut sel. Namun ,tidak seperti kebanyakan tanaman yang menyerap mineral-mineral sederhana,hewan mendapatkan makanan dengan cara langsung memakan dan mencernanya. Hewan merasakan dan mendeteksi keadaan di sekitarnya,seperti cahaya atau suara. Beberapa hewan mampu bertahan hidup di beberapa lingkungan sekaligus.

SPESIES HEWAN

Jenis-jenis hewan dibagi dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil,sampai jenis hewan yang paling sederhana-spesies diketahui. Contoh spesies yang berbeda yang berada dalam kelompok yang sama adalah: musang merah,harimau,rajawali emas,lalat dan cumi-cumi raksasa. Sebuah spesies tidak dapat dijelaskan dengan penampakan fisik ,warna,ataupun ukuran,melaikan dengan cara penangkarannya. Jika hewan dapat saling bertengkar,maka mereka adalah anggota spesies yang sama. Jika mereka tidak dapat saling bertengkar maka mereka berasal dari spesies yang saling berbeda.

Harimau sedang istirahat
Harimau sedang istirahat
Harimau putih
Harimau putih
Harimau sedang berburu
Harimau sedang berburu

DUNIA HEWAN

Dunia kehidupan dibagi menjadi beberapa kelompok yang disebut dunia (kingdom). Dunia hewan memiliki lebih banyak jenis daripada jumlah total anggota dunia mahluk yang lain. Ahli zoology (ilmuwan yang mempelajari tentang hewan) membagi dunia hewan menjadi beberapa kelompok utama yang disebut fila (bentuk tunggalnya adalah filum) dengan membandingkan bagian-bagian tubuh tertentu. Ini berarti bahwa setiap filum mempunyai jumlah yang tidak sama. Sebagai contoh filum cacing sendok mempunyai 150 jenis berbeda yang hidup di dasar laut,sedangkan filum arthropoda memiliki jutaan jenis yang berbeda termasuk serangga,kepiting,laba-laba,lipan,dan milipoda. Vertebrata adalah jenis yang paling besar ,termasuk di dalamnya adalah mamalia,ikan,burung,reptilian,dan amfibi: jenis hewan yang lain adalah invertebrate (hewan tidak bertulang belakang).

MAMALIA

Kelas hewan yang paling dikenal adalah mamalia,karena manusia termasuk didalamnya. Cirri-ciri umum mamalia adalah tubuhnya dipenuhi oleh bulu atau rambut,berdarah panas (suhu tubuhnya tetap stabil walaupun suhu di sekitarnya berubah),dan member makan bayinya dengan susu yang dihasilkan oleh kelenjar susu induk betinanya. Namun tidak semuanya begitu. Mamalia terbesar ,seperti paus di lautan dan gajah di daratan hamper tidak memiliki rambut atau bulu sama sekali. Dan ada beberapa mamalia yang tidur selama musim dingin,yang disebut hibernasi,ketika suhu tubuh mereka turun hampir membeku.

Sebagian besar mamalia adalah herbivore (hewan pemakan tumbuhan). Kelompok terbesar hewan pemakan tumbuhan adalah hewan pengerat,berjumlah lebih dari 40 persen dari kelompok mamalia. Yang termasuk dalam kelompok ini adalah tikus,tupai,berang-berang,landak,dan marmot dan saudara sepupunya dari Amerika Selatan yang disebut kavi. Kelinci dan terwelu kelihatan seperti hewan pengerat karena gigi depannya yang panjang,tetapi mereka termasuk dalam kelompok mamalia lain yang disebut lagomor. Kelompok terbesar pemakan tumbuhan berikutnya adalah mamalia berkuku. Kelompok ini dibagi menjadi dua jenis yaitu: 1. Mamalia berkuku gasal (dengan satu atau tiga kuku) seperti: kuda,zebra,keledai,tapir,dan badak. 2. Mamalia berkuku genap (dengan dua atau empat kuku) seperti: babi,babi liar,kuda nil,unta,kijang,jerapah,antelop,rusa,lembu,domba dan kambing.

Beberapa kelompok mamalia memiliki anggota yang banyak,sedangkan yang lain hanya memiliki anggota sedikit. Kelompok Marsupialia (hewan berkantung) memiliki kurang lebih 290 spesies,termasuk di dalamnya adalah kangguru dan opossum dari Virginia,sedangkan kelompok tubulidentata hanya memiliki satu spesies yang masih hidup (aardvark dari Afrika ). Kelompok ikan duyung dan manati atau yang dikenal dengan sirenia (sapi laut) hanya memiliki empat spesies. Mamalia gemuk pemakan tumbuhan perairan dangkal ini memiliki anggota tubuh bagian depan yang menyerupai pedal,dan ekor di bagian belakang seperti dayung. Kelompok mamalia lain adalah monotrema atau mamalia bertelur yang hanya memiliki lima spesies,termasuk platypus berparuh bebek dan echidna.

FAKTA TENTANG MAMALIA

  • Mamalia dan hewan terbesar dari semua jenis hewan adalah paus biru. Panjangnya 30 meter dan beratnya lebih dari 100 ton.
  • Mamalia darat paling kecil adalah tikus,dan mamalia terbang paling kecil adalah kelelawar. Tikus pygmi memiliki kepala dan tubuh lebih kecil daripada ibu jari tangan manusia. Sayap kelelawar berhidung babi panjang setiap sisinya sepanjang jari-jari manusia.
  • Ada mamalia yang dapat berumur panjang,termasuk paus berparuh yang langka dan jarang terlihat.Beberapa diantaranya dapat berumur lebih dari 150 tahun.
  • Ada sekitar 4.500 spesies mamalia di dunia.
  • Mamalia dengan jumlah terbesar lebih dari 6 miliar-di dunia adalah manusia.
  • Mamalia yang paling umum sebenarnya adalah anjing laut krabiter,jumlahnya 15 juta.
  • 34 spesies anjing laut,singa laut,dan beruang laut termasuk dalam kelompok mamalia pinnipeda,mamalia yang siripnya dapat berfungsi sebagai kaki.
  • Ada 12 spesies landak yang sebagian besar memiliki duri yang tajam,seperti landak eropa. Namun landak gurun memiliki bulu yang kasar.
  • Ada lebih dari 1.650 spesies hewan pengerat: ini adalah kelompok terbesar dari mamalia.
  • Kelompok kelinci dan terwelu,lagomor,memiliki 80 spesies.
  • Mamalia berkuku berjumlah kira-kira 245 spesies.
  • Badak Sumatra berbulu merah memiliki hubungan dekat dengan badak berbulu pada zaman es terakhir.
  • Selama beberapa tahun dyakini hanya ada dua jenis gajah: yaitu gajah Afrika dan gajah Asia. Namun sebanarnya ada 3 jenis gajah.
  • Ada dua spesies gajah Afrika: gajah padang rumput Afrika,gajah besar yang memiliki gading melengkung dan hidup di hutan terbuka dan gajah hutan Afrika yang tubuhnya lebih kecil dengan gading yang lebih lurus,hidup di hutan lebat. Karena spesiesnya berbeda,mereka tidak dapat bertengkar satu sama lain.
  • Dalam satu sarang oposum dari Virginia dapat berisi 18 bayi. Setelah tumbuh selama 6-8 minggu dalam kantung induknya,opossum kecil naik dan bergantung pada punggung induknya.
  • Kelompok primate termasuk lemur,kera dan manusia memiliki 350 spesies.
  • Hanya ada 2 spesies dari kolugos,atau lemur terbang yang hidup di hutan tropis Asia Tenggara dan pemakan tumbuhan.
  • Mamalia primata termasuk spesies kera yang langka ( Sembilan spesies gibbon) seluruhnya berada di Asia Tenggara. Kera gibbon berayun dari pohon ke pohon menggunakan lengannya yang panjang dan kuat,dan yangannya yang seperti pengait. Spesies gibbon terbesar,siamang,adalah mamalia paling berisik,seperti monyet peraung Amerika Selatan ( mamalia paling berisik di antara semua mamalia darat.
  • Hewan berkantung pemakan daging terbesar,setan Tasmania,dikenal liar dan agresif,tetapi mereka jarang terlibat perkelahian dengan sesamanya. Setan Tasmania memangsa hewan-hewan kecil dari serangga sampai possum. Beberapa orange menangkap setan Tasmania untuk dijinakkkan,sebagai binatang peliharaan yang jinak dan ramah.


  • Promosikan Usaha Anda di sini cuma Rp 250.000 / tahun!

    MAMALIA PEMANGSA SERANGGA

    Sebagian besar insektivora (hewan pemakan serangga) adalah mamalia kecil, seperti: tikus mondok,tikus kesturi,dan landak. Mereka memiliki gigi yang tajam dan memakan serangga,tempayak,siput tampa cangkang,cacing dan hewan sejenisnya. Ada sekitar 365 spesies insektivora termasuk tenrek (hewan sejenis tikus) dari Afrika,dan sedikit solenodon berhidung panjang yang jarang ditemukan dan hidup di beberapa pulau di kepulauan Karibia.

    BERUANG

    Ada 8 jenis beruang yang merupakan anggota keluarga mamalia kecil,ursidae. Jenis makanan beruang berbeda-beda. Sebagian besar beruang makan tumbuhan dalam jumlah yang banyak,seperti daun-daunan,buah-buahan,kacang-kacangan dan arbei,selain itu juga makan daging. Panda raksasa hanya makan bamboo muda,dan tidak makan yang lain. Namun beruang kutub di belahan bumi utara memakan hamper semua jenis daging. Pesaingnya adalah beruang coklat atau beruang besar yang merupakan hewan pemangsa terbesar di daratan,beratnya lebih dari setengah ton dengan tinggi 3 meter. Hampir seluruh bulu beruang kutub berwarna putih,sedangkan keluarga terdekatnya beruang hitam amerika yang hamper seluruh warna bulunya hitam.

    Beruang Kutub
    Beruang Kutub
    Panda
    Panda
    Beruang coklat
    Beruang coklat

    MAMALIA DI DALAM AIR

    Setasia adalah ikan julang-julang ,paus dan lumba-luba yang hidup di lautan hangat dan sungai. Mereka adalah mamalia tak berbulu yang tubuhnya telah beradaptasi secara total untuk bertahan hidup di air. Kaki depan setasia adalah sirip,tidak memiliki kaki belakang,dan bagian ekornya memiliki sirip yang lebar di setiap sisinya,yang disebut dayung yang digunakan untuk berenang. Ada sekitar 83 spesies setasia dan mereka semu adalah karnivore (hewan pemakan hewan lain). Paus besar memangsa sejumlah besar krill (mahluk seperti udang kecil) Sedangkan paus sperma menyerang ikan besar dan anjing laut.

    Anjing Laut
    Anjing Laut
    Lumba-lumba
    Lumba-lumba
    Paus biru
    Paus biru

    KELELAWAR

    Kelelawar adalah kelompok mamalia terbesar ke dua yang memiliki hamper 1.000 spesies. Sebagian besar kelelawar berukuran kecil,hidup di hutan hujan tropis,dan terbang di malam hari untuk menangkap agas,ngengat,dan serangga terbang yang lain. Kalong atu kelelawar buah memiliki 175 spesies,memiliki tubuh yang lebih besar dan memakan tumbuh-tumbuhan seperti: buah-buahan,biji-bijian,dan getah tumbuh-tumbuhan. Kaki depan kelelawar sebenarnya merupakan sayap yang memiliki membrane yang sangat tipis dan elastic yang terdapat pada tulang jari yang sangat panjang.

    MAMALIA PENGERAT/HEWAN PENGERAT

    Hewan pengerat hidup di seluruh dunia,Hampir di setiap habitat darat. Satu spesies,berang-berang,mampu berenang di bawah air sejauh kurang lebih 1 km,menahan nafas dan menutup hidung dan telinganya. Cirri kas hewan pengerat adalah gigi depannya yang disebut gigi seri. Gigi depan hewan pengerat sangat panjang dengan ujung yang lurus dan tajam di setiap sisinya seperti pahat. Gigi depan hewan pengerat akan terus tumbuh selama hidupnya,sehingga mereka mampu mengerat makanan yang keras,seperti kacang dan akar,tanpa mematahkan gigi depannya. Contohnya: berang-berang mengerat batang pohon dalam waktu beberapa menit dengan gigi depannya yang panjang dan terus tumbuh.

    MAMALIA BERKUKU GANGSAL

    Jerapah Kuda,zebra,badak dan tapir disebut hewan berkuku gasal karena mereka memiliki kuku berjumlah ganjil di setiap kakinya,masing-masing tertutup oleh kuku yang sangat keras. Kuda dan zebra hanya memiliki satu jari di setiap kakinya dan kaki mereka yang panjang dan ramping digunakan untuk berlari di tempat terbuka seperti padang rumput. Kuda dan zebra adalah hewan yang selalu berkelompok,dan makanan utamanya adalah rumput yang dikunyah dengan rahang dan gigi grahamnya yang kuat. Sebagian besar hewan berkuku seperti zebra,adalah pelari cepat. Mereka mampu berlari lebih cepat daripada hewan pemangsa sejak mereka masih kecil.
    Kuda

    HEWAN BERKUKU GENAP

    Bison Bison adalah hewan berkuku genap atau mamalia berkuku dua. Bison hidup berkelompok di padang rumput amerika utara. Bison hamper musnah diburu oleh para pendatang dari eropa pada tahun 1500-an,namun sekarang bison tersisa telah dilestarikan. Bison eropa berukuran lebih kecil dan hidup di hutan lebat,terutama di Polandia dan Belarussia. Bison termasuk mamalia berkuku besar. Bison Amerika jantan dewasa dapat mencapai berat hingga 1 ton. Rusa sedang merumput

    PUNUK UNTA

    Dua spesies unta dromedari (unta berpunuk satu dari Afrika,Timur Tengah dan Australia), dan unta baktria (unta berpunuk dua dari asia tengah ,telah dikembangbiakkan/diternakkan oleh manusia) untuk diambil susu,daging,kulit,dan tenaganya. Yang juga termasuk dalam kelompok unta adalah keluarga unta dari Amerika Selatan adalah guanaco dan vikuna yang masih liar,dan keturunannya yang telah dikembangbiakkan adalah lama dan alpaca.

    Unta dromedary (berpunuk satu) memiliki kaki yang lebar sehingga dapat berdiri kokoh di padang pasir,dan bulu mata yang panjang untuk melindungi dari badai pasir.

    Unta baktria (berpunduk dua) memiliki bulu lebat yang membantu mengatasi udara dingin di dataran tinggi Mongolia. Punuk unta menyimpan lemak.

    Unta

    BELALAI DAN GADING

    Gajah Gajah adalah mamalia darat terbesar. Gajah jantan dewasa dari padang rumput Afrika mempunyai tinggi 4 meter dan beratnya lebih dari 8 ton. Semua jenis gajah adalah pemakan tumbuhan. Mereka kelihatan seperti mamalia berkuku tetapi mereka memiliki ordo sendiri yang disebut proboscidea.

    Gading gajah adalah pemanjangan gigi seri atas yang membesar dan belalainya yang sangat panjang merupakan kombinasi dari bibir atas dan hidung.

    SAPI LAUT

    Sirenia adalah satu-satunya mamalia laut yang makanan utamanya adalah tumbuhan laut,walaupun kadang-kadang makan ikan kecil sebagai nutrisi tambahan. Kadar gisi dari rumput laut,biji-bijian dan tumbuhan laut lainnya sangat rendah sehingga seekor sirenia perlu makan makanan seberat satu seperempat kali berat tubuhnya setiap hari. Keluarga terdekat sirenia bukanlah anjing laut maupun paus melainkan gajah dan mamalia berkuku. Contohnya: Manati. Berat manati lebih dari setengah ton. Mereka memiliki ekor bulat dan berbentuk seperti sendok untuk memudahkan bergerak di dalam air.

    HEWAN BERKANTUNG

    Hewan berkantung umumnya hidup di Australia,dan beberapa spesies yang lain ditemukan di Amerika Selatan dan asia Tenggara. Hanya ada satu jenis yang telah menyebar ke Amerika Utara,yaitu oposum dari Virginia. Beberapa jenis hewan berkantung yang lebih kecil bentuknya mirip dengan jenis mamalia yang lain ( ada hewan berkantung yang menyerupai tikus,tikus kasturi dan kucing,bahkan ada hewan berkantung yang menyerupai anteater dan tikus mondok).

    PENGGALI YANG KUAT

    Aardvark muncul di malam hari dan dapat berjalan lebih dari 20 km untuk mencari sarang semut atau gundukan tanah yang merupakan sarang rayap. Aardvark memiliki banyak nama,antara lain: babi tanah,anteater Afrika,dan beruang semut. Mamalia yang mempunyai hubungan dekat dengannya adalah kelompok mamalia berkuku,ungulate. Gigi aardvark tidak sama dengan mamalia lainnya: tidak memiliki gigi depan yang panjang atau taring,tetapi memiliki gigi graham yang tumbuh trus menerus. Dalam kelompok mamalia,jumlah dan bentuk gigi penting untuk menentukan dengan kelompok mana mamalia tersebut memiliki hubungan terdekat. Aardvark memiliki moncong panjang yang peka untuk mencium bau makanan di malam hari. Lubang hidung aardvark dilindungi oleh bulu-bulu halus yang menghalangi debu masuk ke dalam hidung pada saat menggali sarang mangsanya.

    LONCATAN JAUH

    Kangguru Marsupialia adalah mamalia berkantung,karena hampir setiap jenis betinanya memiliki kantung seperti kantung kulit di depan tubuhnya. Bati bergantung lahir dalam bentuk yang sangat kecil dan masih dalam tahap belum berkembang dan merangkak kedalam kantung induknya,di sana bayi hewan berkantung minum air susu induknya dan tumbuh sampai usia beberapa minggu. Kangguru dan wallaby adalah kelompok hewan pemakan tumbuhan terbesar yang merupakan hewan asli Australia. Kangguru dan wallaby melompat dengan menggunakan kedua kaki belakangnya yang kuat,dan menggunakan ekornya yang lebih tebal untuk keseimbangan.

    Bayi kangguru disebut joey. Ketika lahir ukurannya hanya sebesar biji anggur. Setelah selama 6 bulan berada di kantung induknya,mereka siap keluar untuk beberapa saat.

    Kangguru sering bercanda dengan saling berkelahi satu sama lainnya dalam kelompoknya.

    MAMALIA BERTELUR

    Salah satu mamalia yang luar biasa adalah platipus dari Australia. Platipus memiliki paruh seperti bebek, ekor yang mendatar, dan kaki yang berselaput seperti kaki berang-berang. Platipus adalah salah satu dari sedikit mamalia yang tidak melahirkan anak tetapi bertelur di sebuah lubang yang dalam. Telur ini menetas setelah kira-kira sepuluh hari dan kemudian sang induk menyusuinya seperti mamalia yang lain. Empat spesies dari echidna atau ?anteater berduri? dari Australia dan Asia Tengara juga merupakan mamalia bertelur.
    Diperbaharui: 06 December 2017 20:45:53.

    loading...

    loading...
    Di Bawah ini cara Berburu Uang Bitcoin


    Bisnis Siap Madan
    bisnis Bisnis siap madan yang menguntungkan,modal relatif sedikit tapi menjanjikan untung yang besar...baca.
    Ritual Nyeleneh Untuk Menangkal Wabah
    ritual Sekelompok orang,lelaki dewasa bergerombol berjalan kaki menyusuri jalan-jalan desa...baca.
    Puisi Berbahasa Indonesia
    puisi Kumpulan puisi karya dari Eka Senaya yang merupakan kisah perjalanan dan cerminan hidup...Baca Puisi.
    Puisi Berbahasa Bali
    Kumpulan puisi Berbahasa Bali karya dari Eka Senaya tentang lingkungan Bali, kritik sosial,perjalanan hidup...Baca Puisi.
    Karya Sketsa
    sketsa Kumpulan karya sketsa dari Eka Senaya tentang kehidupan,alam dan Budaya Bali...Lihat.
    Kalender

    INPORMASI PENTING

    loading...

    Di Bawah Ini Cara Menghasilkan Bitcoin di Internet!

    Ilmu Agama Hindu

    - Doa Sehari-hari
    - Memulai beraktivitas 1
    - Memulai beraktivitas 2
    - Di tempat tertentu
    - Gagelaran Balian
    - Kakambuh Rare
    - Pamegat Sot
    - Mantra bebantenan
    - Mantra Pemangku
    - Sejarah Pr Besakih
    - Kahyangan Jagat
    - Pura Padharman
    - Pura Dadya di Besakih
    - pengertian Kamulan
    - Fungsi s.kamulan
    - Jenis2 s. kamulan
    - Cara Mendirikan kamulan
    - Nuntun Dewa Pitara
    - Piodalan di s.kamulan
    - Soroh Sesayut/Tebasan
    - Banten Pamelaspas
    - Banten Kasanga
    - Banten Galungan
    - Banten Saraswati
    - Banten Pawintenan
    - Banten Pacaruan
    - Mantra bebantenan
    + Materi Kelas II
    + Materi Kelas III
    + Materi Kelas IV
    + Materi Kelas V
    + Materi Kelas VI
    - Sikap Sembahyang Hindu
    - Kodefikasi Weda
    - Serba-serbi Padewasan
    - Tentang Rerainan Bali
    - Tata cara Pengabenan
    - Jenis2 Perkawinan Bali
    - Upacara Potong gigi
    - Dharmagita

    Primbon Bali
    - Menurut Pranatamongso
    - Menurut zodiak
    - Menurut shio
    - Menurut Wuku
    - Menurut Lintang
    - Tentang Carcan soca

    Info Kesehatan
    - Jenis-jenis Narkoba
    - Ciri-ciri Pecandu
    - Cara Cegah Narkoba
    - :: P 3 k ::
    - Khasiat Tanaman Obat
    - Berat,kebutuhan Kalori
    - Kalender Masa Subur
    - Bahaya Sakit Perut
    - Awas Bahaya Plastik

    Yuk Sastra
    - Chairil Anwar
    - Sanusi Pane
    - Amir Hamzah
    - Kiat Menulis Cerpen
    - Contoh Puisi Anak sd
    - Contoh Pidato Perpisahan

    Ilmu Pertanian
    - Cara Stek
    - Cara Merunduk
    - Cara Okulasi
    - Cara Menyambung
    - Cara Mencangkok
    - Cepat Tumbuh Akar
    - Kegagalan Mencangkok
    - Insektisida/Pupuk Organik

    Pengetahuan Umum
    - Apakah Mamalia itu?
    - Tentang Burung
    - Tentang Reptilia
    - Tentang Amfibi
    - Tentang Ikan
    - Tentang Serangga
    - Berkaki Delapan
    - Hewan Bercangkang
    - Moluska dan Cacing
    - Ibukota Negara2 Asia
    - Ibukota Negara2 Afrika
    - Ibukota Negara2 Eropa
    - Ibukota di Amerika & Oceania
    - Air Terjun Tertinggi
    - Danau Terbesar di Dunia
    - Laut Terluas Di Dunia
    - Sungai Jembatan
    - Gunung Tertinggi di Dunia
    - Gurun Terluas di Dunia
    - Tanggap G.Meletus
    - Tanggap Gempa
    - Tanggap Tsunami
    - Sejarah G.P.Indonesia
    - Lambang G. Pramuka
    - Organisasi Gudep
    - Pramuka Siaga
    - Pramuka Penggalang
    - Pramuka Penegak
    - Pramuka Pandega
    - SAKA
    - Tahukah Kamu
    - Matauang di Dunia
    - Nama-nama Penemu
    - Induk Organisasi Olahraga
    - Terpanas Di Bumi
    - Rumus Kadar Emas
    - Peringatan hari penting
    - Seri nomor Kendaraan
    - Gunung2 di Indonesia
    - Laut dan Selat di Indonesia
    - Sungai Besar di Indonesia
    - Danau2 di Indonesia
    - Kenapa Terjadi Petir?
    - Serba-serbi Manusia
    - Kamus Sain SD

    Lain-lain
    - Silabus
    - Rpp
    - Administrasi Guru
    - Permainan
    - Karawitan/Gambelan
    - Bali Tempoe doeloe
    - Genjek Perpisahan
    + Indik Aksara
    + Indik Kruna
    + Indik Lengkara
    + Indik Paribasa Bali
    + Indik Pangater
    + Indik Seselan
    + Indik Pangiring
    + Indik Anusuara
    - Anting Gunung

    Ruang Pembaca