Pelajaran IPA Untuk Kelas 5 Sekolah Dasar (SD)

Diambil dari Buku Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kls V (BSE)

BAB I
A.Alat Pernapasan pada Manusia

Bernapas adalah kegiatan menghirup udara dan mengeluarkan udara. Udara mengandung berbagai komponen gas,salah satunya adalah oksigen (O2). Oksigen inilah yang diperlukan oleh tubuh. Oksigen masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan. Selanjutnya, pernapasan menghasilkan karbon dioksida (CO2) yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Bernapas menggunakan alat-alat pernapasan. Apa saja alat-alat pernapasan itu?

1. Alat Pernapasan

a. Hidung

Hidung merupakan alat keluar masuknya udara pernapasan. Udara masuk melalui lubang hidung menuju rongga hidung. Di dalam rongga hidung terdapat rambut hidung dan selaput lender. Rambut hidung dan selaput lender berfungsi menyaring udara yang masuk agar bebas dari debu dan kuman. Dengan demikian, udara yang kita hirup bersih dari kotoran, debu, maupun kuman penyakit. di dalam hidung udara juga mengalami penyesuaian suhu dan kelembapan.

b. Tenggorokan ( Trakhea)

Udara pernapasan dari hidung turun ke tenggorokan merupakan sebuah saluran yang panjangnya kira-kira 9 cm. Pada tenggorokan terdapat bulu-bulu halus. Bulu-bulu halus berfungsi menyaring udara dari kotoran yang masih dapat lolos ke tenggorokan. Ujung trachea bercabang menjadi dua bagian. Cabang-cabang ini disebut bronkus. Bronkus kanan menuju paru-paru kanan. Bronkus kiri menuju paru-paru kiri. c. Paru-Paru Paru-paru terdapat di dalam rongga dada di atas diafragma. Diafragma adalah sekat antara rongga dada dan rongga perut. Paru-paru ada dua buah yaitu paru-paru kiri dan paru-paru kanan. Paru-paru kanan terdiri atas dua gelambir. Paru-paru kiri terdiri atas dua gelambir. Paru-paru dibungkus oleh selaput paru-paru yang disebut pleura.

Di dalam paru-paru terdapat cabang-cabang bronkus yang disebut bronkiolus. Bronkiolus juga memiliki percabangan yang jumlahnya sangat banyak. Cabang-cabang tersebut sangat halus dan tipis. Tiap-tiap ujung cabang membentuk kantung berdinding tipis yang disebut alveolus. Alveolus merupakan gelembung yang sangat tipis. Gelembung tersebut diselimuti pembuluh kapiler darah. Pada alveolus terjadi pertukaran gas O2 dan CO2. Perhatikan gambar di samping.

Pada saat udara yang kita hirup sampai di alveolus, oksigen melewati dinding kapiler darah. Oksigen diikat oleh hemoglobin (Hb) darah. Setelah itu, darah akan mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh. Dalam tubuh, oksigen digunakan untuk proses pembentukan energy. Pada proses tersebut dihasilkan energy dan sat karbon dioksida (CO2). CO2 tersebut diikat kembali oleh hemoglobin darah. Setelah itu, darah akan membawa CO2 ke paru-paru. CO2 dari paru-paru menuju tenggorokan, kemudian ke lubang hidung untuk dikeluarkan dari dalam darah.

1. Proses Pernapasan

Masuknya O2 dan keluarnya CO2 pada saluran pernapasan terjadi pada saat berlangsungnya proses pernapasan. Proses-proses ini diatur oleh otot diafragma dan otot di antara tulang rusuk. Pada saat menarik napas otot diafragma mengerut. Akibatnya, diafragma mendatar, rongga dada membesar, dan udara masuk paru-paru. Selain itu, paru-paru dapat pula terisi udara dengan mengerutnya otot antar tulang rusuk. Otot antar tulang rusu yang mengerut dapat menyebabkan rongga dada membesar dan udara masuk ke dalam paru-paru. Proses masuknya udara pernapasan ke dalam paru-paru disebut inspirasi.

Pada saat menghembuskan napas, otot diapragma dan otot antar tulang rusuk mengendur. Akibatnya, rongga dada mengecil dan paru-paru mengempis sehingga CO2 dalam paru-paru terdorong keluar. Proses tersebut merupakan proses ekspirasi. Kamu dapat lebih memahami cara kerja paru-paru melalui kegiatan berikut.

2. Gangguan Pernapasan

Proses pernapasan dapat terganggu jika ada salah satu alat pernapasan mengalami gangguan. Gangguan tersebut dapat disebabkan oleh kuman maupun polusi udara. Beberapa gangguan maupun penyakit pada alat pernapasan sebagai berikut

a. Influenza (flu) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Orang yang terserang flu akan mengalami demam, mengigil, batuk, sakit kepala, bersin-bersin, serta nyeri punggung. Lendir yang keluar dari hidung menutup lubang hidung sehingga udara terhalang masuk dan mengganggu pernapasan.

b. Sesak napas merupakan gangguan pernapasan karena udara yang tercemar oleh asap. Asap dapat berasal dari pembakaran sampah, kendaraan bermotor, dan rokok. Selain asap, debu juga dapat mengakibatkan sesak napas.

c. Asma yaitu gangguan pernapasan karena penyempitan saluran pernapasan.

Menyempitnya saluran pernapasan dapat terjadi karena beberapa hal berikut.:
1) Udara yang tercemar oleh asap dan debu
2) Udara yang terlalu dingin
3) Keadaan jiwa penderita, misalnya stress dan tekanan emosi.

d. Radang paru-paru karena bakteri Tuberkulosis. Radang yang disebabkan oleh bakteri ini biasa disebut TBC paru-paru.

e. Bronkitis yaitu adanya peradangan pada batang tenggorok (bronkus)

f. Polip merupakan penyempitan saluran pernapasan akibat terjadinya pembengkakan kelenjar limpe.

Gangguan pada alat-alat pernapasan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, jagalah kesehatan alat pernapasanmu dengan membiasakan diri berpola hidup sehat! Pola hidup sehat tersebut diantaranya sebagai berikut.
a. Berolah raga secara teratur
b. Menjaga sirkulasi udara dirumah
c. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang
d. Istirahat tertatur
e. Mengenakan masker saat berkendaraan
f. Tidak merokok.
Bahaya Merokok Rokok mengandung 200 bahan berbahaya bagi kesehatan. Racun utama pada rokok yaitu tar, nikotin, dan karbon monoksida.
- Tar merupakan bahan yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru
- Nikotin merupakan bahan yang mempengaruhi saraf dan peredaran darah. Zat ini dapat memicu timbulnya kanker paru-paru.
-Karbon monoksida merupakan zat yang membuat darah tidak mampu mengikat oksigen. Rokok memiliki efek racun yang membuat pengisap rokok mengalami 14 kali risiko lebih besar menderita kanker.

A.Alat Pernapasan pada Hewan

1. Ikan

Ikan memiliki alat pernapasan berupa insang. Insang terletak disebelah kanan dan kiri kepala. Insang ini berjumlah empat pasang. Bagian-bagian insang berbentuk lembaran yang disebut lembaran insang. Pada lembaran insang terjadi pertukaran udara. Ikan juga mempunyai gelembung renang untuk menyimpan oksigen dan mengatur gerak. Ikan memperoleh oksigen dari dalam air. Mekanisme pernapasan ikan melalui beberapa tahap. Mula-mula ikan membuka mulutnya untuk mengambil air. Air kemudian mengalir masuk kerongga mulut menuju lembaran insang. Setelah itu, air keluar melewati tutup insang. Ketika air melewati lembaran insang, oksigen dikat oleh Hb (hemoglobin) darah. Pada saat yang sama, Hb juga melepaskan karbon dioksida ke air.

Apakah Labirin itu?

Labirin berupa lipatan-lipatan tidak tertaur yang merupakan perluasan rongga insang. Lipatan-lipatan itu terletak di atas rongga insang. Labirin berguna untuk menyimpan udara.

Bagi ikan-ikan yang hidup di air keruh atau rawa-rawa, labirin sangat membantu untuk bernafas. Ditempat-tempat tersebut kandungan oksigennya kurang. OLeh karena itu ikan sering menuju permukaan air untuk mengambil oksigen dari udara. Oksigen tersebut disimpan dalam labirin. Ikan yang memiliki labirin, misalnya ikan gabus dan lele.

2.Cacing Tanah

Cacing tanah bernafas melalui permukaan tubuhnya. Cacing tanah memiliki kulit yang tipis. Pada permukaan kulit cacing tanah terdapat banyak pembuluh darah. Kulit cacing tanah juga menghasilkan lender. Oleh karena itu kulit terlihat basah dan lembap. Kondisi ini menyebabkan cacing dapat menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida secara langsung melalui permukaan kulit. Itulah sebabnya cacing membutuhkan tempat lembap atau basah. Tempat lembap membantu proses pernapasan agar dapat berlangsung dengn baik.

Rangkuman

1. Bernafas merupakan kegiatan menghirup oksigen (O2) dan melepaskan karbon dioksida (CO2).

2. Alat pernapasan manusia terdiri atas hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

3. Hidung merupakan tempat keluar masuknya udara pernapasan. .

4. Rambut hidung dan selaput lendir berfungsi untuk menyaring udara yang masuk. .

5. Tenggorokan (trachea) bercabang menjadi dua bagian disebut bronkus.

6. Bronkus bercabang-cabang membentuk bronkiolus.

7. Ujung bronkiolus berupa kantung berdinding tipis yang disebut alveolus. Alveolus merupakan tempat terjadinya pertukaran oksigen dan karbon dioksida. .

8. Alat pernapasan insang berupa insang.

9. Cacing bernapas menggunakan kulitnya.

A.Alat Pencernaan pada Manusia

Alat-alat pencernaan pada manusia terdiri terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.

Panjang Saluran Pencernaan

Seluruh saluran pencernaan dari mulut sampai anus panjangnya antara 8,5 sampai 10 meter. Berarti, 5-6 kali tinggi badan kita. Saluran pencernaan menjadi ringkas karena melingkar-lingkar dalam rongga perut kita Proses pencernaan makanan dari awal hingga akhir secara keseluruhan berlangsung antara 18 sampai 24 jam.

1. Mulut

Makanan masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Di dalam rongga mulut terdapat gigi, lidah, dan air ludah ( air liur). Ketiga komponen itu berperan untuk mencerna makanan di dalam mulut. Gigi dan lidah mencerna makanan secara mekanis merupakan pencernaan makan dengan cara di kunyah oleh gigi dan dibantu lidah. Sementara itu pencernaan kimiawi merupakan pencernaan makanan yang dilakukan oleh enzim.

a. Gigi

Gigi berfungsi menghancurkan makanan yang masuk rongga mulut. Berdasarkan bentuk dan fungsinya, gigi dibedakan menjadi tiga. Ketiga gigi tersebut yaitu gigi seri, gigi taring, dan gigi geraham. Gigi seri untuk memotong makanan, gigi taring untuk mengoyak makanan dan gigi geraham untuk mengunyah makanan. Gigi geraham dibedakan dibedakan menjadi geraham depan dan geraham belakang.

Gigi tertanam pada rahang dan diperkuat oleh gusi. Bagian-bagian gigi yaitu mahkota gigi, tulang gigi,dan rongga gigi. Mahkota gigi tampak putih, halus dan licin karena dilapisi email. Tulang gigi terletak dibawah lapisan email. Tulang gigi meliputi leher gigi dan akar gigi. Rongga gigi berada dibagian dalam gigi. Perhatikan gambar di bawah!

b. Lidah

Lidah mempunyai beberapa fungsi seperti berikut.
1) Mengatur letak makanan saat dikunyah
2) Membantu menelan makanan
3) Mengecap rasa makanan.
Lidah peka terhadap panas, dingin,dan adanya tekanan. Lidah dapat mengecap makanan karena pada permukaannya terdapat bintil-bintil lidah. Pada bintil-bintil lidah terdapat saraf pengecap. Setiap permukaan lidah mempunyai kepekaan rasa yang berbeda. Perhatikan gambar di samping!

c. Air Liur

Saat makanan dikunyah dalam mulut, makanan dibasai oleh air liur. Makanan menjadi licin dan mudah ditelan. Selain itu air liur mengandung enzim ptialin atau amylase . Enzi mini berfungsi untuk mencerna sat tepung 9 amilum) secara kimiawi menjadi zat gula. Itulah sebabnya saat mengunyah nasi dalam waktu lama kita akan merasakan manis. Pencernaan seperti ini merupakan contoh pencernaan kimiawi.

2. Kerongkongan

Kerongkongan merupakan penghubung antara mulut dan lambung. Kerongkongan berupa saluran yang panjangnya kira-kira 20 cm. Kerongkongan terdiri atas otot yang lentur. Makanan yang berada di dalam kerongkongan akan didorong oleh didnding kerongkongan menuju lambung. Gerakan seperti ini di sebut gerak peristaltik. Gerak peristaltic dilakukan oleh otot dinding kerongkongan.

3. Lambung

Lambung adalah alat pencernaan berotot yang berbentuk seperti kantong. Bagian dalam diding lambung berlipat-lipat. Bagian ini berguna untuk mengaduk makanan yang berasal dari kerongkongan. Dinding lambung juga menghasilkan asam klorida. Asam klorida atau asam lambung berguna untuk membunuh kuman-kuman yang masuk bersama makan. Selain itu, di dalam lambung terdapat enzim pepsin dan rennin Enzim rennin berfungsi mengendapkan protein susu menjadi kafein. Enzim pepsin berguna untuk mengunbah protein menjadi asam amino. Di dalam lambung ini terjadi pencernaan secara mekanik dan kimiawi.

4. Usus Halus

Setelah dicerna dilambung, makanan masuk ke usus halus. Usus halus ini sebenarnya sangat panjang, tetapi melipat-lipat di perut kita. Usus halus terdiri atas tiga bagian, yaitu usus dua belas jari, usus kosong, dan usus penyerap.

Di dalam usus dua belas jari, makanan dicerna secara kimiawi. Pencernaan itu dilakukan oleh getah empedu dan getah pancreas. Getah empedu dihasilkan oleh hati. Getah empedu berfungsi untuk mencerna lemak. Beberapa enzim yang dihasilkan getah pancreas sebagai berikut.

a. Enzim amylase, berfungsi mengubah sat tepung menjadi gula.
b. Enzim teripsin, berfungsi mengubah protein menjadi asam amino.
c. Enzim lipase, berfungsi mengubah lemak menjadi asam lemak.
Usus Buntu dan Apendiks.

Pada rangkaian alat pencernaan terdapat usus buntu. Usus buntu berada diawal usus besar dan berbatasan dengan usus halus. Di bawah usus buntu terdapat apendiks (umbai cacing). Setelah melewati usus dua belas jari, makanan sampai diusus kosong. Selanjutnya makanan akan diurai proteinnya oleh enzim erepsin. Sementara itu karbohidrat yang terkandung dalam makanan tersebut akan diurai oleh enzim maltase, sucrose, dan lactose. Setelah hancur dan lumat, makanan menuju usus penyerap.

5. Usus Besar

Usus besar merupakan kelanjutan dari usus halus. Usus besar terdiri atas usus besar naik, susus besar melintang, dan usus besar turun. Didalam usus besar terjadi penyerapan air dan garam-garam mineral. Selanjutnya, sisa makanan dibusukkan oleh bakteri pembusuk di dalam usus besar. Hasil pembusukan berupa bahan padat, cair, dan gas.

6. Anus

Bagian akhir dari saluran pencernaan berupa lubang keluar yang disebut anus. Sisa pencernaan dari usus besar dikeluarkan melalui anus. Bahan padat hasil pembusukan dikeluarkan sebagai tinja dan gas. Gas dikeluarkan berupa kentut. Sisa pencernaan yang berupa cairan disalurkan dan disaring dalam ginjal. Cairan yang tidak berguna dikeluarkan melalui lubang kemih berupa ar seni.

B. Penyakit Pada Alat Pencernaan

Berbagai penyakit dan gangguan (kelainan) dapat menyerang alat pencernaan. Penyakit dan gangguan itu dapat disebabkan oleh kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Selain itu juga, karena masuknya kuman penyakit kedalam tubuh seperti bakteri dan virus. Di bawah ini beberapa penyakit yang dapat menyerang pencernaan. 1.

1. Mag ( Radang Lambung)

Penyakit ini ditandai dengangejala lambung terasa perih dan mual. Penyakit mag disebabkan kebiasaan makan yang tidak teratur. Jika kita tidak segera makan pada saat lapar, lambung menjadi kosong. Akibatnya, asam lambung (asam klorida) yang dihasilkan untuk mencerna makanan melukai lambung. 2.

2. Apendisitis ( Radang Umbai Cacing)

Radang pada umbai cacing ditandai dengan sakit pada perut sebelah kanan dan biasanya disertai demam. Umbai cacing (apendiks) adalah tonjolan kecil pada usus buntu (sekum). Penyakit ini disebabkan adanya makanan yang masuk diapendiks dan membusuk. Pembusukan makanan di apendiks tersebut dapat mengakibatkan radang. 3.

3. Disentri

Penyakit disentri disebabkan oleh bakteri, alat pencernaan yang diserang yaitu usus. Penyakit ini ditandai dengan muntah-muntah dan buang air besar terus menerus. Disentri dapat dicegah dengan cara menjaga kebersiahn makanan dan perlengkapan makan. 4.

4. Sembelit

Gejala penyakit sembelit yaitu susah buang air besar. Penyakit ini disebabkan maknan yang kita makan kurang berserat. Makanan kurang berserat dapat menganggu proses pencernaan. Serat makanan membantu proses penyerapan air diusus besar. Jika kadar serat makanan berkurang, sisa makanan kurang menyerap air. Akibatnya, sisa makanan menjadi padat sehingga sulit dikeluarkan. Contoh makanan berserat yaitu sayur-sayuran dan buah-buahan.

C. Hubungan Makanan dengan Kesehatan

Setiap hari kita selalu membutuhkan energy atau tenaga untuk melakukan kegiatan. Oleh karena itu, kita harus cukup makan untuk mendapatkan energy. Makanan yang kita makan harus bergizi dan seimbang.

1. Makanan Bergizi

Makanan bergizi sebagai sumber energy, bahan pembangunan, pelindung tubuh, dan pengatur tubuh. Oleh karena itu, untuk memenuhi beberapa fungsi tersebut, kita harus makan makanan yang bergizi. Makanan yang bergizi yaitu makanan yang mengandung zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. Adapun zat yang diperlukan tubuh yaitu karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral, dan air.

a. Karbohidrat

Fungsi karbohidrat bagi tubuh sebagai berikut .
1. Sebagai sumber tenaga
2. Sebagai makanan cadangan
3. Untuk mempertahankan suhu tubuh
Bahan makanan yang mengandung karbohidrat antara lain : gandum, beras, jagung, sagu, dan ketela pohon.

b. Lemak

Lemak juga sebagai sumber tenaga. Lemak ini berfungsi sebagai makanan cadangan. Bahan makanan yang mengandung lemak antara lain : Kelapa, kacang tanah, kuning telur, keju dan daging.

c. Protein

Protein berguna sebagai zat pembangunan tubuh. Makanan yang berprotein berguna untuk pertumbuhan, perkembangan, dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Bahan makanan yang mengandung protein antara lain susu, daging, putuh telur, dan kacang-kacangan terutama kedelai.

d. Mineral

Mineral atau zat pengatur tubuh. Mineral diperlukan oleh tubuh dalam jumlah sedikit. Walaupun tubuh hanya membutuhkan sedikit, kita harus tetap memenuhinya. Jika tubuh kekurangan mineral, kesehatan akan terganggu. Beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kita tertera dalam table berikut.
NO MINERAL SUMBER BAHAN MAKANAN KEGUNAAN
1 Fosfor Ikan, kacang-kacangan, susu, dan keju - Pertumbuhan sel-sel dalam tubuh
2 Fluor Susu, kuning telor, ikan laut, dan otak - Pertumbuhan tulang dan gigi
- Mencegah kerusakan gigi
3 Kalsium Sayuran kol, wortel, kacang-kacangan, bawang, susu, dan keju - Pembentukan tulang dan gigi
4 Zat besi Sayuran hijau, bayam, kangkung - Membantu kerja otot dan saraf
- Membentuk sel darah merah
- Mencegah penyakit kurang darah ( anemia)
5 Yodium Ikan laut, garam beryodium, dan sayuran hijau - Mencegah penyakit gondok

e. Vitamin

Vitamin berfunsi sebagai zat pengatur dan pelindung tubuh. Vitamin dapat mencegah timbulnya penyakit. Sebaliknya, kekurangan vitamin (avitaminosis) dapat mengganggu kesehatan. Misalnya sariawan akibat tubuh kekurangan vitamin C. Kekurangan beberapa jenis vitamin seperti table berikut.
NO VITAMIN SUMBER BAHAN MAKANAN KEGUNAAN
1 A Hati, susu, mentega, minyak ikan,kuning telur, sayuran, wortel, buah-buahan yang berwarna merah seperti papaya, tomat. - Meningkatkan daya tahan tubuh, -Menjaga kesehatan mata, -Menjaga kesehatan kulit
2 B1 Daging, hati telur, susu, beras merah, bekatul, dan kacang hijau. - Membantu pencernaan makanan, - Mencegah penyakit beri-beri, - Meningkatkan nafsu makan
3 C Buah-buahan dan sayuran segar seperti jeruk, nenas, cabai, tomat dan papaya. - Mencegah sariawan, - Membantu dayan tahan tubuh terhadap infeksi, - Menjaga agar dinding pembuluh darah kuat, - Menyembuhkan luka, - Menjaga tulang, gigi, dan gusi agar tetap sehat.
4 D Minyak ikan, kunig telur, susu, mentega, dan ikan. - Membantu proses pertumbuhan tulang, - mencegah penyakit rakhitis dan osteopororsis,- membentuk dan memelihara tulang serta gigi
5 E Biji-bijian (terutama yang sedang berkecambah), telur, mentega, dan susu. - Mencegah kemandulan, - Pelindung sel-sel darah merah, - Menghaluskan kulit, - Menyuburkan rambut
6 K Sayuran hijau, kacang kedelai, susu, kuning telur, bayam, kangkung, dan kubis membantu proses pembentukan darah

f. Air

Air berguna untuk melarutkan zat-zat makanan, melancarkan pencernaan makanan, dan mengatur suhu tubuh. Air dapat diperoleh dari air yang kita minum. Selan itu, air juga diperoleh dari bahan makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Pada kondisi normal kita butuhkan minimal 2½ liter air setiap hari. Tubuh akan terasa lemas jika kita kekurangan air. Oleh karena itu, perbanyaklah minum, terutama air putih!

2. Makanan Bergizi seimbang

Makanan yang kita makan harus bergizi seimbang. Makanan dikatakan bergizi seimbang jika mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral, dan vitamin dalam jumlah tertentu. Kebutuhan untuk tiap kelompok bahan makanan dapat digambarkan dalam piramida di samping. Dari gambar disamping tampak bahwa karbohidrat sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Setelah itu berturut-turut protein, lemak, mineral, dan vitamin. Dengan komposisi demikian, kita dapat memenuhi kebutuhan makanan bergizi seimbang.

Menu makanan bergizi seimbang disajikan dalam menu empat sehat lima sempurna. Menu makanan bergizi seimbang terdapat dalam empat macam makanan berikut.

a. Makanan pokok (nasi,jagung,singkong, roti dan sagu).
b. Lauk pauk ( daging, telur, ikan, tahu, dan tempe)
c. Sayuran ( bayam, kangkung, dan buncis)
d. Buah-buahan (apel, mangga, pisang, dan papaya)

Apabila kita sudah mengonsumsi empat macam makanan diatas, berarti makanan kita sudah memenuhi syarat kesehatan. Namun bila di tambah susu, maka akan lebih sempurna. Makanan bergisi seimbang yang dilengkapi susu dinamakan makanan empat sehat lima sempurna. Selain memenuhi persyaratan empat sehat lima sempurna, dalam menyusun menu makanan bergizi seimbang perlu memperhatikan hal-hal berikut.

a. Bersih dan bebas kuman penyakit
b. Makanan mudah dicerna dalam tubuh
c. Bervariasi sehingga tidak menimbulkan kebosanan

Tubuh akan menjadi sehat jika mengonsumsi makanan bergizi dalam jumlah yang seimbang. Apabila kebutuhan gizi seseorang tidak mencukupi atau berlebihan, akan mengganggu kondisi kesehatnnya. Kelebihan atau kekurangan salah satu sat gizi dapat mengakibatkan gangguan atau penyakit. Perhatikan table berikut ini!

Jenis-Jenis Gangguan atau penyakit Akibat Kelebihan atau Kekurangan Satu Zat Gizi.
NO Penyakit/Gangguan Penyebab
1 Busung Lapar Kekurangan karbohidrat
2 Kegemukan (Obesitas) Kelebihan karbohidrat dan lemak
3SariawanKekurangan Vitamin C
4Keropos tulangKekurangan kalsium (mineral)
5AnemiaKekurangan zat besi (mineral)
6Rabun senjaKekurangan Vitamin A
7Penyakit gondokKekurangan yodium (mineral)

1. Cara Mengolah Makanan

Makanan harus diolah dengan cara yang benar. Hal ini bertujuan agar kandungan zat gizinya tidak hilang. Setpai makanan harus diolah sesuai dengan sifat-sifatnya. Sebagai contoh beras. Beras banyak mengandung vitamin B1. Vitamin ini sifatnya mudah larut dalam air. Sebaiknya beras tidak dicuci terlalu lama dan tidak diremas-remas. Mencuci beras terlalu lama, apalagi dengan meremasnya akan melarutkan vitamin tersebut. Vitamin itu akan terbuang. Memasak sayurpun ada aturannya. Kandungan gizi dalam sayuran dapat dipertahankan jika diolah secara benar. Cara memasak sayuran yang benar sebagai berikut.
a. Sayuran dicuci terlebih dahulu sebelum dipotong
b. Memasak sayuran tidak terlalu lama atau jangan terlalu matang.
c. Saat memasak sayuran sebaiknya panic dalam keadaan tertutu.
Sayuran yang telah matang sebaiknya diletakkan dipiring bersih. Sayuran tersebut juga harus disimpan dalam lemari yang bersih. Ada beberapa jenis sayuran yang dapat dimakan mentah. Sayuran jenis ini biasa digunakan sebagai lalapan. Contoh lalapan yaitu kol, selada, kacang panjang, daun kemangi. Hati-hatilah kalau kamu ingin makan sayuran mentah ini! Sebaiknya, sayuran mentah ini kamu cuci sampai bersih sebelum dimakan.

1. Proses pencernaan adalah proses penghancuran makanan menjadi zat-zat makanan yang dapat diserap tubuh.

2. Sistem pencernaan manusia terdiri atas alat-alat pencernaan berikut:

a. Mulut, tempat mencerna makanan secara mekanik dan kimiawi. Pencernan mekanik menggunakan gigi dan lidah. Pencernaan kimiawi menggunakan air ludah.

b. Kerongkongan, saluran untuk jalan makanan dari mulut ke lambung dengan adanya gerakan peristaltic

c. Lambung, tempat mengaduk makanan secara mekanik dan kimiawi

d. Usus halus, tempat penyerapan sari-sari makanan.

e. Usus besar, tempat penyerapan air dan garam-garam mineral serta pembusukan sisa makanan.

f. Anus, tempat untuk mengeluarkan kotoran ( sisa-sisa makanan)

3. Penyakit-penyakit yang menyerang organ pencernaan antara lain : mag, disentri, apendistis, dan sembelit.

4. Cara-cara merawat organ pencernaan sebagai berikut.

a. Makan makanan yang bergizi seimbang
b. Menjaga kebersihan alat-alat makan dan bahan makanan
c. Makan secara teratur
d. Menghindari makanan yang terlalu panas dan dingin
e. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat.


BAB II/IV | BAB V/VI | BAB VII/VIII | BAB IX/X | BAB XI/XII | BAB XIII/XV |
Diperbaharui: 17 May 2018 10:10:04.

loading...

Bisnis Siap Madan
bisnis Bisnis siap madan yang menguntungkan,modal relatif sedikit tapi menjanjikan untung yang besar...baca.
Ritual Nyeleneh Untuk Menangkal Wabah
ritual Sekelompok orang,lelaki dewasa bergerombol berjalan kaki menyusuri jalan-jalan desa...baca.
Puisi Berbahasa Indonesia
puisi Kumpulan puisi karya dari Eka Senaya yang merupakan kisah perjalanan dan cerminan hidup...Baca Puisi.
Puisi Berbahasa Bali
Kumpulan puisi Berbahasa Bali karya dari Eka Senaya tentang lingkungan Bali, kritik sosial,perjalanan hidup...Baca Puisi.
Karya Sketsa
sketsa Kumpulan karya sketsa dari Eka Senaya tentang kehidupan,alam dan Budaya Bali...Lihat.
Kalender

Ilmu Agama Hindu

- Doa Sehari-hari
- Memulai beraktivitas 1
- Memulai beraktivitas 2
- Di tempat tertentu
- Gagelaran Balian
- Kakambuh Rare
- Pamegat Sot
- Mantra bebantenan
- Mantra Pemangku
- Sejarah Pr Besakih
- Kahyangan Jagat
- Pura Padharman
- Pura Dadya di Besakih
- pengertian Kamulan
- Fungsi s.kamulan
- Jenis2 s. kamulan
- Cara Mendirikan kamulan
- Nuntun Dewa Pitara
- Piodalan di s.kamulan
- Soroh Sesayut/Tebasan
- Banten Pamelaspas
- Banten Kasanga
- Banten Galungan
- Banten Saraswati
- Banten Pawintenan
- Banten Pacaruan
- Mantra bebantenan
+ Materi Kelas II
+ Materi Kelas III
+ Materi Kelas IV
+ Materi Kelas V
+ Materi Kelas VI
- Sikap Sembahyang Hindu
- Kodefikasi Weda
- Serba-serbi Padewasan
- Tentang Rerainan Bali
- Tata cara Pengabenan
- Jenis2 Perkawinan Bali
- Upacara Potong gigi
- Dharmagita

Primbon Bali
- Menurut Pranatamongso
- Menurut zodiak
- Menurut shio
- Menurut Wuku
- Menurut Lintang
- Tentang Carcan soca

Info Kesehatan
- Jenis-jenis Narkoba
- Ciri-ciri Pecandu
- Cara Cegah Narkoba
- :: P 3 k ::
- Khasiat Tanaman Obat
- Berat,kebutuhan Kalori
- Kalender Masa Subur
- Bahaya Sakit Perut
- Awas Bahaya Plastik

Yuk Sastra
- Chairil Anwar
- Sanusi Pane
- Amir Hamzah
- Kiat Menulis Cerpen
- Contoh Puisi Anak sd
- Contoh Pidato Perpisahan

Ilmu Pertanian
- Cara Stek
- Cara Merunduk
- Cara Okulasi
- Cara Menyambung
- Cara Mencangkok
- Cepat Tumbuh Akar
- Kegagalan Mencangkok
- Insektisida/Pupuk Organik

Pengetahuan Umum
- Apakah Mamalia itu?
- Tentang Burung
- Tentang Reptilia
- Tentang Amfibi
- Tentang Ikan
- Tentang Serangga
- Berkaki Delapan
- Hewan Bercangkang
- Moluska dan Cacing
- Ibukota Negara2 Asia
- Ibukota Negara2 Afrika
- Ibukota Negara2 Eropa
- Ibukota di Amerika & Oceania
- Air Terjun Tertinggi
- Danau Terbesar di Dunia
- Laut Terluas Di Dunia
- Sungai Jembatan
- Gunung Tertinggi di Dunia
- Gurun Terluas di Dunia
- Tanggap G.Meletus
- Tanggap Gempa
- Tanggap Tsunami
- Sejarah G.P.Indonesia
- Lambang G. Pramuka
- Organisasi Gudep
- Pramuka Siaga
- Pramuka Penggalang
- Pramuka Penegak
- Pramuka Pandega
- SAKA
- Tahukah Kamu
- Matauang di Dunia
- Nama-nama Penemu
- Induk Organisasi Olahraga
- Terpanas Di Bumi
- Rumus Kadar Emas
- Peringatan hari penting
- Seri nomor Kendaraan
- Gunung2 di Indonesia
- Laut dan Selat di Indonesia
- Sungai Besar di Indonesia
- Danau2 di Indonesia
- Kenapa Terjadi Petir?
- Serba-serbi Manusia
- Kamus Sain SD

Lain-lain
- Silabus
- Rpp
- Administrasi Guru
- Permainan
- Karawitan/Gambelan
- Bali Tempoe doeloe
- Genjek Perpisahan
+ Indik Aksara
+ Indik Kruna
+ Indik Lengkara
+ Indik Paribasa Bali
+ Indik Pangater
+ Indik Seselan
+ Indik Pangiring
+ Indik Anusuara
- Anting Gunung

Ruang Pembaca


loading...