Di Sini Cara Pembuatan Website

Promosikan Usaha Anda di sini cuma Rp 250.000 / tahun!

Silabus Untuk Sekolah Dasar

Diposting oleh IB Made Suta Susila

1.PENGERTIAN:

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema
tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi
pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi untuk
penilaian, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar.

2.LANDASAN PENGEMBANGAN SILABUS:

1.Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 17 ayat (2)

2.Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pasal 20

PP NO.19 TAHUN 2005 PASAL 17 AYAT 2
Sekolah dan komite sekolah, atau madrasah dan komite madrasah, mengembangkan kurikulum
tingkat satuan pendidikan dan silabusnya berdasarkan kerangka dasar kurikulum dan standar
kompetensi lulusan, di bawah supervisi dinas kabupaten/kota yang bertanggung jawab
di bidang pendidikan untuk SD, SMP, SMA, dan SMK, dan departemen yang menangani
urusan pemerintahan di bidang agama untuk MI. MTs, MA, dan MAK.

PP NO 19 TAHUN 2005 Pasal 20
Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang
memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber
belajar, dan penilaian hasil belajar

SILABUS menjawab pertanyaan

1.Apa kompetensi yang harus dikuasai siswa?
2.Bagaimana cara mencapainya?
3.Bagaimana cara mengetahui pencapaiannya?

3.Prinsip Pengembangan

1.Ilmiah
2.Relevan
3.Menyeluruh
4.Sistematis
5.Konsisten
6.Memadai
7.Aktual dan Kontekstual
8.Fleksibel

3.1 Ilmiah
Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan
dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

3.2 Relevan
Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus
sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual peserta didik

3.3 Sistematis
Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

3.4 Konsisten
Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator,
materi pokok/ pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan sistem penilaian.

3.5 Memadai
Cakupan indikator, materi pokok/ pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber
belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

3.6 Aktual dan Kontekstual
Cakupan indikator, materi pokok/ pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber
belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni
mutakhir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.

3.7 Fleksibel
Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik,
pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.

3.8 Menyeluruh
Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, psikomotor).

4. UNIT WAKTU

1.Silabus mata pelajaran disusun berdasarkan seluruh alokasi waktu yang disediakan untuk mata pelajaran selama penyelenggaraan pendidikan di tingkat satuan pendidikan.

2.Penyusunan silabus memperhatikan alokasi waktu yang disediakan per
semester, per tahun, dan alokasi waktu mata pelajaran lain yang sekelompok.

Implementasi pembelajaran per semester menggunakan penggalan silabus sesuai dengan
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar untuk mata pelajaran dengan alokasi waktu yang
tersedia pada struktur kurikulum. Bagi SMK/MAK menggunakan penggalan silabus berdasarkan satuan kompetensi

5. PENGEMBANG SILABUS

1.Guru kelas/mata pelajaran, atau
2.Kelompok guru kelas/mata pelajaran, atau
3.Kelompok kerja guru (KKG/PKG/MGMP) Dibawah koordinasi dan supervisi Dinas Pendidikan Kab/Kota/Provinsi

6. KOMPONEN SILABUS

1.Standar Kompetensi
2.Kompetensi Dasar
3.Materi Pokok/Pembelajaran
4.Kegiatan Pembelajaran
5.Indikator
6.Penilaian
7.Alokasi Waktu
8.Sumber Belajar

Catatan: Indikator dikembangkan berdasarkan KD

LANGKAH-LANGKAH PENGEMBANGAN SILABUS

1.Mengkaji dan Menentukan Standar Kompetensi
2.Mengkaji dan Menentukan Kompetensi Dasar
3.Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran
4.Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran
5.Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi
6.Menentukan Jenis Penilaian
7.Menentukan Alokasi Waktu
8.Menentukan Sumber Belajar

8.1 Mengkaji Standar Kompetensi
Mengkaji standar kompetensi mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut:

a.urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan

--materi, tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di SI;

b.keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;

8.2 Mengkaji Kompetensi Dasar
Mengkaji kompetensi dasar mata pelajaran dengan memperhatikan hal-hal berikut:

a.urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi, tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada dalam SI;

b.keterkaitan antar standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran;

c.keterkaitan standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.

8.3 Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran
Mengidentifikasi materi pokok mempertimbangkan:

1.potensi peserta didik;
2.relevansi dengan karakteristik daerah;
3.tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spritual peserta didik;
4.kebermanfaatan bagi peserta didik;
5.struktur keilmuan;
6.Aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran;
7.relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan;
8.alokasi waktu ;

8.4.MENGEMBANGKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi

Pengalaman belajar dimaksud dapat terwujud melalui pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Pengalaman Belajar memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik.

HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MENGEMBANGKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN

Memberikan bantuan guru agar dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional

1.Memuat rangkaian kegiatan yang harus dilakukan peserta didik secara berurutan untuk mencapai kompetensi dasar

2.Penentuan urutan kegiatan pembelajaran harus sesuai dengan hierarki konsep materi pembelajaran

3.Rumusan pernyataan dalam kegiatan pembelajaran minimal mengandung dua unsur penciri yang mencerminkan pengelolaan pengalaman belajar peserta didik yaitu kegiatan siswa dan materi.

8.5.Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi

Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan
perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan

Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, satuan pendidikan, dan potensi daerah

Digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.

Pengembangan Indikator

Setiap KD dikembangkan menjadi beberapa indikator (lebih dari dua)

Indikator menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur dan/atau diobservasi

Tingkat kata kerja dalam indikator lebih rendah atau setara dengan kata kerja dalam KD maupun SK

Prinsip pengembangan indikator adalah sesuai dengan kepentingan (Urgensi), kesinambungan (Kontinuitas), kesesuaian (Relevansi) dan Kontekstual

Keseluruhan indikator dalam satu KD merupakan tanda-tanda, perilaku, dan lain-lain untuk pencapaian kompetensi yang merupakan kemampuan bersikap, berpikir, dan bertindak secara konsisten.

8.6.MENENTUKAN JENIS PENILAIAN

Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan
data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan,
sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.

Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan kinerja, sikap,
penilaian hasil karya berupa proyek atau produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri.

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM MENENTUKAN PENILAIAN:

a.Untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik, yang dilakukan berdasarkan indikator
b.Menggunakan acuan kriteria
c.Menggunakan sistem penilaian berkelanjutan
d.Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut
e.Sesuai dengan pengalaman belajar yang ditempuh dalam kegiatan pembelajaran

8.7.MENENTUKAN ALOKASI WAKTU

Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif
dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah
kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar.

Alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai kompetensi dasar
yang dibutuhkan oleh peserta didik yang beragam.

1.48.8.MENENTUKAN SUMBER BELAJAR

Sumber belajar adalah rujukan, objek dan/atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran

.

Sumber belajar dapat berupa media cetak dan elektronik, nara sumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.

Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.

CONTOH FORMAT SILABUS

Nama Sekolah:
Mata Pelajaran:
Kelas/Semester:
Standar Kompetensi:
Alokasi waktu

No Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator No Penilaian Alokasi Waktu Sumber Belajar
1 ...... ...... ...... ...... ...... ...... ...... ......
2 ...... ...... ...... ...... ...... ...... ...... ......
... ...... ...... ...... ...... ...... ...... ...... ......

PENGEMBANGAN SILABUS BERKELANJUTAN

Silabus:
Dijabarkan ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran
Dilaksanakan, dievaluasi, dan ditindaklanjuti oleh masing-masing guru
Dikaji dan dikembangkan secara berkelanjutan dengan memperhatikan masukan hasil
evaluasi hasil belajar, evaluasi proses (pelaksanaan pembelajaran),dan evaluasi rencana pembelajaran.

Selesai


Di bawah ini beberapa contoh SILABUS sekedar sebagai perbandingan,dan bisa anda DOWNLOAD

SILABUS SD SEMESTER I
SILABUS SD Kls.IV SILABUS SD Kls.V SILABUS SD KlsVI
Silabus Bahasa Indonesia Silabus Bahasa Indonesia Silabus Bahasa Indonesia
Silabus Bahasa Inggris Silabus Bahasa Inggris Silabus Bahasa Inggris
Silabus IPA Berkarakter Silabus IPA Berkarakter Silabus IPA Berkarakter
Silabus IPS Berkarakter Silabus IPS Berkarakter Silabus IPS Berkarakter
Silabus Matematika Berkarakter Silabus Matematika Berkarakter Silabus Matematika Berkarakter
Silabus Penjas Berkarakter Silabus Penjas Berkarakter Silabus Penjas Berkarakter
Silabus PKn Berkarakter Silabus PKn Berkarakter Silabus PKn Berkarakter
Silabus Seni Budaya Silabus SBK Berkarakter Silabus SBK Berkarakter
Silabus TIK Berkarakter Silabus TIK Berkarakter Silabus TIK Berkarakter

SILABUS SD SEMESTER II

SILABUS SD Kls.IV SILABUS SD Kls.V SILABUS SD KlsVI
Silabus Bahasa Indonesia Silabus Bahasa Indonesia Silabus IPA Berkarakter
Silabus Bahasa Inggris Silabus Bahasa Inggris Silabus IPS Berkarakter
Silabus IPA Berkarakter Silabus IPA Berkarakter Silabus Matematika Berkarakter
Silabus IPS Berkarakter Silabus IPS Berkarakter Silabus Penjas SD Berkarakter
Silabus Matematika Berkarakter Silabus Matematika Berkarakter Silabus PKn Berkarakter
Silabus Penjas Berkarakter Silabus PKn Berkarakter Silabus SBK Berkarakter
Silabus PKn Berkarakter Silabus Penjas Berkarakter Silabus TIK Berkarakter
Silabus Seni Budaya Silabus SBK Berkarakter
Silabus TIK Berkarakter Silabus TIK Berkarakter

Silabus dan Program Bhs.Bali Smtr 1

Silabus dan Program Bhs.Bali Smtr 2

Contoh Silabus Agama Hindu Kurikulum 2013

Silabus harus mengacu pada Kurikulum yang berlaku di masing-masing sekolah. Ingat! Silabus yang terbaik adalah Silabus buatan kita sendiri!!


Diperbaharui: 15 August 2017 22:49:34.

loading...

loading...
Di Bawah ini cara Berburu Uang Bitcoin


Bisnis Siap Madan
bisnis Bisnis siap madan yang menguntungkan,modal relatif sedikit tapi menjanjikan untung yang besar...baca.
Ritual Nyeleneh Untuk Menangkal Wabah
ritual Sekelompok orang,lelaki dewasa bergerombol berjalan kaki menyusuri jalan-jalan desa...baca.
Puisi Berbahasa Indonesia
puisi Kumpulan puisi karya dari Eka Senaya yang merupakan kisah perjalanan dan cerminan hidup...Baca Puisi.
Puisi Berbahasa Bali
Kumpulan puisi Berbahasa Bali karya dari Eka Senaya tentang lingkungan Bali, kritik sosial,perjalanan hidup...Baca Puisi.
Karya Sketsa
sketsa Kumpulan karya sketsa dari Eka Senaya tentang kehidupan,alam dan Budaya Bali...Lihat.
Kalender

INPORMASI PENTING

loading...

Di Bawah Ini Cara Menghasilkan Bitcoin di Internet!

Ilmu Agama Hindu

- Doa Sehari-hari
- Memulai beraktivitas 1
- Memulai beraktivitas 2
- Di tempat tertentu
- Gagelaran Balian
- Kakambuh Rare
- Pamegat Sot
- Mantra bebantenan
- Mantra Pemangku
- Sejarah Pr Besakih
- Kahyangan Jagat
- Pura Padharman
- Pura Dadya di Besakih
- pengertian Kamulan
- Fungsi s.kamulan
- Jenis2 s. kamulan
- Cara Mendirikan kamulan
- Nuntun Dewa Pitara
- Piodalan di s.kamulan
- Soroh Sesayut/Tebasan
- Banten Pamelaspas
- Banten Kasanga
- Banten Galungan
- Banten Saraswati
- Banten Pawintenan
- Banten Pacaruan
- Mantra bebantenan
+ Materi Kelas II
+ Materi Kelas III
+ Materi Kelas IV
+ Materi Kelas V
+ Materi Kelas VI
- Sikap Sembahyang Hindu
- Kodefikasi Weda
- Serba-serbi Padewasan
- Tentang Rerainan Bali
- Tata cara Pengabenan
- Jenis2 Perkawinan Bali
- Upacara Potong gigi
- Dharmagita

Primbon Bali
- Menurut Pranatamongso
- Menurut zodiak
- Menurut shio
- Menurut Wuku
- Menurut Lintang
- Tentang Carcan soca

Info Kesehatan
- Jenis-jenis Narkoba
- Ciri-ciri Pecandu
- Cara Cegah Narkoba
- :: P 3 k ::
- Khasiat Tanaman Obat
- Berat,kebutuhan Kalori
- Kalender Masa Subur
- Bahaya Sakit Perut
- Awas Bahaya Plastik

Yuk Sastra
- Chairil Anwar
- Sanusi Pane
- Amir Hamzah
- Kiat Menulis Cerpen
- Contoh Puisi Anak sd
- Contoh Pidato Perpisahan

Ilmu Pertanian
- Cara Stek
- Cara Merunduk
- Cara Okulasi
- Cara Menyambung
- Cara Mencangkok
- Cepat Tumbuh Akar
- Kegagalan Mencangkok
- Insektisida/Pupuk Organik

Pengetahuan Umum
- Apakah Mamalia itu?
- Tentang Burung
- Tentang Reptilia
- Tentang Amfibi
- Tentang Ikan
- Tentang Serangga
- Berkaki Delapan
- Hewan Bercangkang
- Moluska dan Cacing
- Ibukota Negara2 Asia
- Ibukota Negara2 Afrika
- Ibukota Negara2 Eropa
- Ibukota di Amerika & Oceania
- Air Terjun Tertinggi
- Danau Terbesar di Dunia
- Laut Terluas Di Dunia
- Sungai Jembatan
- Gunung Tertinggi di Dunia
- Gurun Terluas di Dunia
- Tanggap G.Meletus
- Tanggap Gempa
- Tanggap Tsunami
- Sejarah G.P.Indonesia
- Lambang G. Pramuka
- Organisasi Gudep
- Pramuka Siaga
- Pramuka Penggalang
- Pramuka Penegak
- Pramuka Pandega
- SAKA
- Tahukah Kamu
- Matauang di Dunia
- Nama-nama Penemu
- Induk Organisasi Olahraga
- Terpanas Di Bumi
- Rumus Kadar Emas
- Peringatan hari penting
- Seri nomor Kendaraan
- Gunung2 di Indonesia
- Laut dan Selat di Indonesia
- Sungai Besar di Indonesia
- Danau2 di Indonesia
- Kenapa Terjadi Petir?
- Serba-serbi Manusia
- Kamus Sain SD

Lain-lain
- Silabus
- Rpp
- Administrasi Guru
- Permainan
- Karawitan/Gambelan
- Bali Tempoe doeloe
- Genjek Perpisahan
+ Indik Aksara
+ Indik Kruna
+ Indik Lengkara
+ Indik Paribasa Bali
+ Indik Pangater
+ Indik Seselan
+ Indik Pangiring
+ Indik Anusuara
- Anting Gunung

Ruang Pembaca