Di Sini Cara Pembuatan Website

Promosikan Usaha Anda di sini cuma Rp 250.000 / tahun!

Mengenal Tanaman Obat

Dari berbagai sumber

Berbagai Tanaman Yang Berkhasiat Sebagai Obat

Letak geografis Indonesia yang beriklim trofis,menjadikan negara kita kaya akan berbagai macam tanaman. Sejak dahulu kala, nenek moyang kita sudah mengetahui bahwa beberapa tanaman tertentu berkhasiat sebagai obat yang manjur. Berikut akan dipaparkan beberapa tanaman yang berkhasiat sebagai obat,yaitu:

Khasiat Alpukat

a. Diet dan Penyakit Jantung

Wanita berusia 37-58 tahun diberi pola makan tinggi bersumber dari alpukat (diet alpukat), kemudian diikuti dengan pola makan tinggi karbohidrat-kompleks (diet rendah lemak), atau sebaliknya. Masing-masing tahap diet berlangsung selama tiga minggu dan alpukat dikonsumsi dalam bentuk mentah/segar seperti salad atau digunakan sebagai pengganti margarin, diolesi di atas roti atau crackers. Kedua diet tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol darah, namun diet alpukat lebih efektif menurunkan kolesterol total darah daripada diet lemak. Kolesterol total darah turun hampir dua lebih besar dibandingkan dengan diet rendah lemak biasa. Kolesterol LDL dalam darah sejumlah responden wanita yang berdiet alpukat secara signifikan turun, tetapi tidak dengan diet rendah lemak. Kolesterol LDL (Kolesterol ?jahat?) berakibat buruk terhadap kesehatan jantung. Pada diet alpukat, konsentrasi kolesterol HDL (Kolesterol ?baik?) dalam darah tak berubah. Jadi diet alpukat lebih efektif daripada diet rendah lemak dalam menurunkan kolesterol darah secara keseluruhan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa buah alpukat merupakan sumber unggul MUFA untuk menghindari kenaikan lemak darah tanpa efek samping. Penurunan 1 persen. Jadi dengan kita mengkonsumsi alpukat selama tiga minggu risiko terkena penyakit jantung diharapkan dapat berkurang.

b. Kekebalan Tubuh

Glutation atau Glutathione adalah zat yang berlimpah terkandung dalam alpukat dalam menjaga kolesterol darah agar tak teroksidasi dan menjadi racun bagi tubuh sangat dipengaruhi oleh Glutation. Selain itu Glutation dapat melindungi sel-sel tubuh dengan berfungsi sebagai antioksidan, mempertahankan kadar fungsional zat-zat antioksidan lain seperti vitamin C & E dan karoten, dan meningkatkan reaksi terhadap kekebalan tubuh. Pada eksperimen laboratorium yang dilakukan Dr. Alton Mesiter dari AS, glutation nyaris menghentikan sama sekali replikasi HIV (Human Immunodeficiency Virus), yaitu virus penyebab AIDS. Semakin banyak ditambahkan, makin besar efeknya. Menurutnya, pasien AIDS memiliki tingkat glutation yang amat rendah, dan kekurangan glutation dapat meningkatkan penyebaran HIV.

Temuan penting yang perlu dicatat yakni cara mengolah alpukat dengan diblender atau digiling mengakibatkan hancurnya glutation. Oleh sebab itu, bila Anda menginginkan manfaat dari alpukat yang maksimal, sebaiknya alpukat dimakan langsung dalam keadaan segar.

Cara Memilih, Menyimpan dan Mengolah Buah Alpukat

a. Hindarilah daging buah alpukat berwarna kecoklat-coklatan yang timbul ketika terpapar udara.

b. Buah Alpukat yang telah masak agak lembek, terasa lembut kulitnya saat ditekan. Alpokat yang masih keras dapat dimatangkan selama 3-5 hari. Pematangan dapat diperlambat dengan pendinginan.

c. Buah Alpokat yang telah masak dapat disimpan dalam kulkas.

d. Ciri buah Alpukat rusak yaitu pada permukaan buah Alpukat terdapat bintik-bintik cekung gelap dan retak.

e. Buah Alpokat yang sudah disisihkan kulit dan bijinya dapat diolah menjadi berbagai hidangan buah, seperti : cocktail, dip, salad, salad dressing.

Kashiat Bawang Merah

Kasiat bawang merah adalah untuk mengobati Sakit jantung. Ambillah 3 bongkol bawang merah, 4 biji buah kemukus dan 3 daun sirih untuk dicuci. Tumbuklah bersama 1 sendok jinten hingga halus dan masukkan 4 sdm. Saringlah untuk diambil airnya dan minum dua kali dalam sehari.

Bunga Biji Teratai

a. Mengembalikan stamina
Ambil 30 gram daging biji teratai, 30 gram gula merah, 30 gram anggur beras, dan 2 telur ayam negeri. Aduk menjadi satu adonan, kukus. Makan setiap malam hingga keluhan berkurang.

b. Disentri berkepanjangan
Ambil 30 gram daging biji teratai, kukus hingga matang. Jemur dan tumbuk menjadi bubuk. Tambahkan pada menu makan sehari-hari. Lakukan tiga kali sehari.

c. Limpa dan perut melemah setelah diare
Ambil 120 gram daging biji teratai dan 120 gram beras. Secara terpisah, sangrai kedua bahan tersebut hingga berwarna kuning. Tumbuk hingga menjadi bubuk. Campur dengan 2 sendok the gula pasir dan air matang. Kompreskan di daerah yang sakit.

d. Tekanan darah tinggi
Ambil 1,5 gram biji teratai. Setelah dibersihkan hingga mendapatkan intinya, masukkanlah dalam mulut dan kunyah. Kemudian telan dengan minum air. Lakukanlah tiga kali sehari.

e. Mata merah dan bengkak, air mata sering keluar
Ambil 3 gram biji teratai dan 9 gram bunga seruni. Kumpulkan dalam kain bersih, kukus. Setelah agak dingin, kompreskan pada mata. Lakukanlah dua kali sehari, pagi dan malam hari.

f. Susah tidur
Siapkan 5-12 gram biji teratai, rendam, rebus dengan tiga gelas air hingga menjadi satu gelas. Setelah agak dingin, minum airnya dan bijinya dimakan. Lakukanlah hingga ada perubahan.

g. Depresi, stres, gelisah
Ambil 20 butir biji teratai, 15 gram biji lengkeng, 10 butir angco, dan 10 gram kim cim. Semuanya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. setelah agak dingin, minum airnya. Biji teratai, angco, dan kim cim rebus bisa dimakan. Lakukan hingga keluhan berkurang.

h. Menunda penuaan
Siapkan 30 gram biji teratai, 15 gram bunga teratai, dan 50 gram akar rimpang teratai yang telah dipotong-potong. Rebus semuanya bersama 25 gram beras merah sampai menjadi bubur. Selagi hangat, makan.


Khasiat Bungur Kecil

a. Diare
Ambillah segenggam kulit kayu bungur kemudian dicuci hingga bersih. Tumbuklah kulit kayu hingga halus dan pada waktu pemakaian seduhlah dengan air panas dan kemudian di saring. Setelah dingin segera diminum.

b. Eksim
Ambillah akar ataupun daun secukupnya kemudian cuci hingga mendidih. Dalam keadaan hangat, pakailah air rebusan tersebut untuk mencuci bagian tubuh yang terkena eksim.

c. Batuk darah
Ambillah akarnya kurang lebih 39 gram dan cuci hingga bersih. Kemudian rebuslah menggunakan air 200 cc hingga mendidih dan air tinggal tersisa 80 cc. setelah dingin kemudian disaring, bila telah disaring segera diminum sehari dua kali masing-masing 40 cc.

d. Bisul atau koreng
Ambillah akar yang telah dikeringkan atau bunga secukupnya kemudian digiling hingga halus. Tambahkan arak putih secukupnya, aduk hingga merata dan menyerupai bubur kental. Kemudian oleskan kepada bagian yang sakit dan perbanlah agar ramuan tidak jatuh. Sedangkan untuk obat yang diminum, rebuslah 30 gram akar dalam 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas saja. Setelah rebusan dingin maka segera disaring untuk diminum. Minumlah ramuan tersebut sehari dua kali masing-masing 1/2 gelas.

e. Pendarahan
Ambillah akar bungur kurang lebih 30 gram dan cucilah hingga bersih. Potong-potonglah seperlunya dan masukkan potongan akar tersebut kedalam panci perebusan bersama 1/4 liter air bersih dan rebus hingga mendidih dan air tersisa setengahnya. Angkat dan dinginkan kemudian saring dan dibagi menjadi 2 bagian untuk diminum pada waktu pagi dan sore. Lakukan pengobatan ini hingga sembuh.

f. Hepatitis
Ambillah akar bungur kurang lebih 15 gram dan cucilah hingga bersih dan potong-potonglah kedalam panci perebusan bersama dengan air 3 gelas dan rebus hingga mendidih dan air rebusan tinggal 1 gelas. Kemudian angkat dan dinginkan. Sebelum diminum, saringlah terlebih dahulu dan dibagi menjadi dua bagian. Minumlah ramuan tersebut pada waktu pagi dan sore hari hingga sembuh.


Khasiat Gadung

Zat yang terkadung didalam gadung ini mempunyai kegunaan untuk memgusir keputihan, kencing manis, kusta, perut mulas, nyeri empedu, nyeri haid, radang kandung empedu, rematik atau nyeri persendian dan kapalan.

a. Penyakit Lepra
Untuk mengobati penyakit lepra dibutuhkan rimpang gadung beberapa keping, buah cabe jawa beberapa butir, lada putih secukupnya, kelapa parutan secukupnya, gula aren secukupnya dan 150 ml air. Bahan ini dibuat infus untuk diminum 1 kali sehari 100 ml. lama pengobatan diulang selama 14 hari.

b. Kapalan
Ambillah rimpang gadung secukupnya dan sedikit air. Kemudian rimpang dipipis hingga seperti bubur. Bubur tersebut dibalurkan pada bagian kulit yang mengeras. Lama pengobatan dilakukan selama 3 jam.

c. Rematik
Ambillah 4 gram umbi gadung cina, 7 biji cengkih, sedikit kemenyan dan 100 ml air. Bahan semua dibuat infus atau seduhan sedangkan cara pemakaian yaitu diminum 1 kali sehari 100 ml.

Konsumsilah gadung yang telah bebas dari racun dan ingat dalam mengkonsumsi gadung jangan terlalu banyak karena akan mengakibatkan keracunan yang dapat terjadinya kejang-kejang. Bila terjadi kejang-kejang sebaiknya diberikan penawar sementara kloralhidrat atau kalium bromida.

>-=>>(> PERHATIAN <)<<=-<
Dalam pengolahan gadung harus diperhatikan benar yaitu gadung dipotong tipis-tipis, kemudian direndam dalam air yang dibubuhi dengan garam. Biarkan umbi terus teraliri air cuciannya tidak berwarna putih. Kemudian dijemur di panas matahari.


Khasiat Gude

a. Penyakit Kurap
Ambil 2 genggam daun Gude yang masih segar lalu direbus dan kemudian diminum. Untuk pemakaian luar dapat pula daun segar tersebut digiling halus, lalu digunakan untuk menutup penyakit tersebut. Tetapi penyakit perlu dibersihkan terlebih dahulu sebelum diobati.

b. Penyakit Herpes
Ambil daun Gude secukupnya, kemudian cuci bersih dan digiling hingga halus. Balurkan pada gelembung-gelembung herpes lalu ditutup dengan kain kasa. Baluran tersebut sebaiknya diganti paling tidak 3-4 kali dalam sehari.

c. Penyakit batuk dan gangguan perut
Ambil Daun Gude segar sebanyak2 genggam kemudian dicuci dan direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa separuhnya. Setelah dingin kemudian disaring. Minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari, masing-masing setengah gelas.

d. Penyakit sariawan
Ambil daun Gude segar secukupnya kemudian dicuci hingga bersih. Kunyahlah dan biarkan beberapa saat baru kemudian ampasnya dibuang.

e. Penyakit Kuning
Ambil daun Gude yang masih segar secukupnya kemudian dicuci hingga bersih. Giling atau tumbuk hingga halus. Peraslah hasil tumbukan tadi hingga airnya keluar dan ditampung dalam sebuah cangkir. Bubuhkan garam seujung sendok the dan aduk hingga rata. Lakukan hal tersebut 2 kali sehari hingga sembuh.

f. Luka Memar
Ambil daun Gude secukupnya, cucilah hingga bersih dan kemudian giling hingga halus. Tambahkan sedikit air dan aduk hingga tercampur seperti bubur. Luka yang telah di bersihkan segera bubuhkan dengan bubur daun gude.

g. Fungsi lain
Di Jawa Tengah biasanya biji Gude dikonsumsikan atau dibuat bungko. Bungko adalah masakan yang bahan bakunya gude dengan ditambah sedikit kelapa atau bisa juga dengan tidak menggunakan kelapa kemudian campuran gude dengan bumbu tersebut dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus. Biasanya bungko ini dimakan untuk menemani nasi atau bisa dimakan sendiri.


Khasiat Jarak :

Penyakit yang dapat diobati dengan jarak ini adalah penyakit radang anak telinga, pembengkakan dan penyakit kulit, demam, lepra, sembelit dan perangsang rasa muntah. Daun jarak wulung digunakan untuk mengatasi kesulitan buat air besar dan penyakit kulit serta demam.

a. Sakit Bengkak
Untuk mengobati bengkak, ambillah daun jarak yang segar untuk dilumatkan kemudian lumatan tersebut ditempelkan pada bagian yang sakit atau bengkak.

b. Demam
Ambillah daun jarak secukupnya kemudian direbus menggunakan air secukupnya. Campurkan air rebusan tersebut pada air yang akan digunakan untuk mandi.

c. Kesulitan buang air besar
Ambillah daun jarak yang masih segar sebanyak 4 lembar untuk dicuci hingga bersih. Oleskanlah minyak kelapa pada bagian daun jarak. Daun yang telah diolesi minyak kepala segera dilayukan diatas api sedang. Tempelkan daun yang telah dilayukan dalam keadaan hangat-hangat pada perut secara berulang-ulang.

Bisa juga menggunakan biji jarak yaitu dengan cara memasak biji jarak kurang lebih sebanyak 20 butir kemudian dibakar. Tumbuklah hingga halus baru kemudian dimakan.

Sedangkan jarak dengan nama Ilmiah Ricinus Comunnis bisa mengobati kanker rahim, kanker kulit, infeksi jamur, TBC, hernia, tetanus, dll. Untuk mengobati kanker mulut rahim dan kulit bisa digunakan dengan bijinya sedangkan untuk penyakit gatal, batuk maupun hernia bisa digunakan daunnya. Akarnya bisa digunakan untuk mengobati tetanus dan gangguan jiwa.

Bila kaum ibu merasa kesulitan melahirkan dan retensi placenta dapat diatasi dengan menggunakan biji jarak yang dilumatkan serta ditempelkan pada titik akupuntur yung chuan yang terletak di tengah-tengah telapak kaki. Sedangkan kelumpuhan otot pada wajah dapat diobati dengan melumatkan biji jarak kemudian ditempelkan pada sendi mandilubar dan lengkungan mulut. Lakukanlah 1 kali sehari selama 10 hari berturut-turut.


Khasiat Kecubung

a. Gangguan haid
Ambillah daun kecubung yang masih segar secukupnya dan cucui hingga bersih kemudian tambahkan segemgam beras. Gilinglah atau tumbuk kedua bahan tersebut hingga halus. Ambil dan balurkan pada perut bagian bawah.

b. Rematik
Ambillah 7 lembar daun kecubung yang masih segar dan kemudian dicuci hingga bersih dan tambahkan bawang merah dan jahe sebesar ibu jari. Bahan tersebut ditumbuk hingga halus, masukkan kapur sirih dan aduk hingga rata. Kemudian oleskan ramuan tersebut pada bagian yang sakit.

c. Rasa nyeri akibat sakit gigi
Ambillah bunga kecubung secukupnya dan keringkan. Tumbuklah bunga kecubung yang telah kering hingga halus kemudian taburkan ramuan tersebut pada gigi yang berlobang.

d. Menghilangkan lendir tenggorokan
Ambillah 3 lembut daun kecubung dan cuci hingga bersih kemudian rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih dan airnya tinggal tersisa 1 gelas. Angkat dan dinginkan. Setelah ramuan dingin kemudian disaring. Setalah itu siapakan juga rebusan air gula asam yang dicampuri dengan gula aren. Minumlah ramuan daun kecubung terlebih dahulu baru kemudian dilanjutkan minum rebusan air gula dan gula aren tersebut.


Khasiat Kemuning

a. Haid tidak teratur
Ambillah segenggam daun kemuning dan satu jari kunyit. Cuci kedua bahan tersebut dan untuk kunyit agar dikupas. Masukkan kedalam panci perebusan dengan menambahkan 3 gelas air dan rebus hingga mendidih. Biarkan agar air menjadi 2 gelas. Saringlah rebusan tersebut sesudah dingin dan minum cukup 2 kali masing-masing 1 gelas dalam sehari.

b. Keputihan
Ambbilah segenggam daun kemuning dan setengah genggam daun johar, 2 lembar daun tapak liman, 1 jari temu kuning atau temu giring. Cucilah semua bahan hingga bersih dari kotoran. Rebuslah semua bahan dengan menambahkan air 4 gelas, biarkan hingga mendidih dan air tinggal 3 gelasnya. Minum ramuan tersebut satu hari dua kali masing-masing 1 gelas.

c. Melangsingkan tubuh
Ambillah segenggam daun kemuning dan daun jati belanda secukupnya. Rebus kedua bahan tersebut menggunakan 3 gelas air hingga mendidih dan air tinggal 2 gelasnya saja. Saring rebusan tersebut setelah dingin dan minum cukup 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

d. Bisul
Ambillah akar kemuning yang telah kering sebanyak kurang lebih 30 gr dan cuci hingga bersih kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian. Rebuslah dengan menggunakan air 2 gelas hingga mendidih dan air rebusannya tersisa tinggal 1 gelas. Setelah dingin kemudian disaring dan minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelasnya.

e. Sakit gigi
Ambillah batang kemuning se cukupnya kemudian bakarlah hingga mengeluarkan minyak dari kulit batang tersebut. Ambillah minyak yang keluar tersebut untuk kemudian diteteskan kedalam gigi yang berlubang atau gigi yang terasa sakit.

f. Radang buah zakar
Ambillah daun kemuning kurang lebih 60 gram dan herba sambiloto sebanyak 35 gram kemudian cuci hingga bersih. Tuangkan air sebanyak 3 gelas ke dalam panci perebusan bersama kedua bahan tersebut. Biarkan hingga mendidih dan air tinggal 1 gelas saja. Setelah dingin kemudian disaring, segera minum 2 kali sehari masing-masing setengah gelas.


Khasiat Klengkeng

Penyakit yang dapat disembuhkan adalah insomnia, anemia, mata kabur, pusing, depresi maupun gangguan mental, mmeperkuat limpa, memperkaya darah serta meningkatkan kekuatan dan mengendurkan saraf. Berikut adalah contoh pemakaian sebagai pengobatan :

a. Mata kabur
Ambillah buah klengkeng kurang lebih 15 gram dalam kondisi masih segar, 30 gram daging sapi bebas lemak dan 2 iris jahe segar serta 1 takaran anggur beras. Semua bahan dikukus hingga matang dan dalam keadaan hangat segera dimakan, lakukan pengobatan setiap pagi. Pengobatan dengan cara ini bisa diberikan pada penderita yang merasakan lemah setelah menderita sakit dan pusing.

b. Insomnia
Ambillah 15 gram buah klengkeng dan 6 gram buah kurma Cina yang sudah diasamkan. Kemudian kedua bahan tersebut dikukus hingga matang. Dalam keadaan matang segera dimakan, lakukanlah hal ini sekali dalam sehari. Ramuan ini juga bisa diberikan kepada pengidap gangguan jantung, kehilangan vitalitas, depresi dan berkeringat dingin.


Khasiat Kurma

Untuk mengobati gangguan darah rendah : Ambillah lima butir kurma berukuran sedang, masukkan ke dalam gelas. Pilihlah kurma yang padat dan berisi, buahnya tebal. Kemudian seduhlah dengan air putih mendidih hingga penuh. Biarkan buah kurma terendam dalam air tersebut selama semalam dan keesokan harinya diminum. Lakukanlah setiap hari dalam tempo kurang lebih selama seminggu maka tekanan darah akan kembali normal.

Khasiat Lada atau Merica

a. Mengusir rasa Sakit Kepala
Ambillah lada sebanyak 5 gram, cengkih 5 butir, 5 gram biji pada dan 1 jari kayu manis. Semua bahan dicuci dengan air yang bersih kemudian dikeringkan. Setelah kering, tumbuklah hingga menjadi serbuk halus. Ketika akan menggunakan, ambillah secukupnya dan seduh dengan menggunakan air panas kenmudian minum selagi hangat.

b. Menanggulangi Asma
Ambillah 10 butir lada, 8 lembar daun sirih, untuk ditumbuk hingga halus dan ditambahkan 1 sendok the minyak kayu putih, aduk hingga merata. Kemudian oleskan pada tengkung dan dada sebagai penghangat tubuh.

c. Mengatasi frigiditas perempuan
Ambillah 5 gram lada, 1 sendok the jinten, 5 gram pulasari dan 15 gram jahe. Semua bahan direbus dengan air bersih hingga mendidih dan air tinggal setengahnya. Kemudian disaring dan sebelum diminum boleh dicampurkan dengan madu, aduk hingga rata dan minumlah selagi hangat.

d. Pria Impotensi
Ambillah 10 gram lada, 5 gram jahe, 15 gram biji kucai dan 15 gram biji pare kering dan gula merah secukupnya. Semua bahan direbus dengan menggunakan 600 cc air hingga tersisa setengahnya atau 300 cc. kemudian disaring dan diminum.


Khasiat Tanaman Landep

a. Rematik , sakit kepala, sakit pinggang : Ambillah segenggam daun landep yang masih segar kemudian dicuci hingga bersih. Tumbuklah atau gilinglah hingga halus. Tambahkan air kapur sirih/injet secukupnya, campurkan hingga merata seperti bubur kental. Setelah tercampur balurkan ke bagian tubuh yang sakit. Lakukan pengobatan ini 1-2 kali dalam sehari. Ramuan ini juga bisa mengobati sakit kepala dengan cara membalurkan ramuan tersebut dikening.

b. Kurap dan panu
Ambillah akar landep secukupnya kemudian cuci dari kotoran yang melekat. Gilinglah akar landep hingga halus. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis. Setelah itu aduk hingga menyerupai bubur. Kemudian balurkan ramuan pada bagian tubuh yang berkurap. Lakukan 2 hari sekali, ramuan yang dibuat harus diganti hingga sembuh.

c. Luka
Ambillah akar daun landep kurang lebih 15 gram. Cuci hingga bersih. Tambahkan 1/4 sendok the kapur sirih (injet). Kemudian tumbuklah hingga lumat dan tercampur merata. Setelah itu tempelkan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang terluka.

d. Gusi nyeri dan berdarah
Ambillah daun landep segar kemudian dicuci bersih. Daun yang telah dicuci kemudian digiling hingga halus. Saring menggunakan penyaring hingga airnya dapat diambil. Air perasannya kemudian ditambahkan sedikit madu dan aduk hingga merata. Ramuan tersebut digunakan untuk memoles gigi yang sedang sakit.

e. Demam, sakit perut
Ambillah segenggam daun landep yang segar kemudian dicuci hingga bersih. Masukkan daun landep dicangkir dan seduh dengan air panas. Setelah dingin kemudian disaring dan minum.


Khasiat Lengkuas

a. Radang Lambung dan usus lemah : Ambillah lengkuas secukupnya dan cuci hingga bersih. Tumbuklah lengkuas hingga halus dan saring dan ambil airnya untuk diminum.

b. Reumatik
Ambillah 0,5 kilogram lengkuas kemudian diparut diberi sedikit air aduk dan peras hingga mengeluarkan air. Ambil pula parutan dari setengah butir kelapa untuk diambil santannya. Campurkan air lengkuas dan air santan kemudian ditambahkan setengah liter air. Rebus hingga mendidih agak lama kemudian angkat dan dinginkan. Minumlah sehari 3 kali masing-masing sepertiga gelas.


Khasiat Mahkota Dewa

Manfaat dari Mahkota Dewa hampir tak terhitung, maka Mahkota Dewa dinobatkan sebagai panglima. Dengan berbagai pengalaman yang turun temurun dan telah terbukti untuk mengatasi diabetes, lever, kanker, tumor, darah tinggi, asam urat, dll.

a. Disentri
Ambillah kulit Mahkota Dewa yang sudah dikeringkan kurang lebih 15 gram dan rebuslah dengan 2 gelas air hingga mendidih kurang lebih 15 menit. Angkat dan dinginkan, kemudian saringlah untuk diambil airnya dan minum. Lakukanlah 2-3 kali dalam sehari.

b. Gatar-gatal, eksim
Ambillah daun Mahkota Dewa yang masih hijau segar secukupnya kemudian giling hingga halus. Gilingan tersebut ditempelkan pada bagian sakit kemudian dibalut. Balutan tersebut diganti 2-3 kali dalam sehari.

c. Psoriasis
Ambillah buah Mahkota Dewa yang sudah masak dan segar 3 buah. Buanglah bijinya kemudian diiris tipis-tipis dan dijemur hingga kering. Rebuslah buah Mahkota Dewa yang telah dikeringkan tersebut dengan 1 liter air, usahakan dengan api yang cukup besar. Setelah mendidih, api dapat dikecilkan dan terus direbus hingga air tinggal seperempat. Angkat dan dinginkan. Sebelumnya saring terlebih dulu baru kemudian diminum. Minumlah air rebusan tersebut 2 kali, masing-masing separuhnya. Perhatian! Jika timbul gejala keracunan dapat diturunkan dosis pemakaiannya ataupun dihentikan penggunaannya


Khasiat Mengkudu

Sari mengkudu lain dapat diminum untuk mengatasi sindroma menjelang haid (PMS), kejang pada saat haid, dan menunda monopause. Sebagai obat luar, sari mengkudu dapat dioleskan atau dibalurkan. Misalnya untuk perawatan tangan dan kaki, perawatan rambut, menghilangkan rematik, sakit persendian, pemijatan (massage), maupun sebagian larutan peredaman kaki atau tangan penderita rematik, gout, dan radang sendi.

Sesuai dengan keampuhannya melawan bakteri dan jamur, sari mengkudu bisa juga digunakan sebagai perawatan internal seperti pembasuh vagina untuk mencegah keputihan. Sari mengkudu yang matang juga dapat digunakan sebagai obat kumur untuk mengatasi napas tak sedap, infeksi gusi dan sakit gigi.

Lulur dan pijat yang dilakukan dengan campuran minyak zaitun atau baby oil atau minyak wijen dalam jumlah yang sama dengan sari mengkudu akan menghilangkan ketegangan saraf, otot, menghilangkan ketegangan stres, rematik dan otot yang kaku. Campuran emulsi ini dapat disiapkan sekaligus dalam botol agar bisa disimpan. Bila akan digunakan, kocok dulu dan dikeluarkan seperlunya ke tubuh. Perawatan rambut dengan sari mengkudu dapat dilakukan sebagaimana kita menggunakan hair tonic, yaitu dioleskan ke kulit kepala. Kabarnya, ketombe akan hilang dan gatal-gatal di kepala akan terusir.

Begitu banyaknya khasiat mengkudu,bila dibuatkan tabel akan menjadi seperti di bawah ini:

Mengobati Bagian Tanaman Cara Mengkonsumsi
Antibakteri Buah matang Jus dan minum
Antibiotik Buah matang Jus dan minum
Arteriokerosis Buah matang Jus dan minum
artritis Buah mentah
daun mengkudu
Jus dan minum
Dioleskan/ditempelkan pada bagian yang sakit
Sakit Punggung Buah Jus dan minuman
Beri-beri Buah Jus dan minuman
Darah tinggi Buah Jus dan minuman
Luka bakar Buah mentah Dioleskan/ditempelkan padabagian yang sakit
Pencegah kanker Buah matang
Ekstrak akar
Jus dan minuman
Jus dan minuman
Pencegah kanker payudara Daun mengkudu Ekstrak minuman
Flu Buah matang Jus dan minuman
Batuk Daun mengkudu
Buah
Batang
Panaskan, dan tempel didada
Jus dan minuman
Seduh dan minum
Depresi Buah mentah
Kulit akar
Jus dan minuman
Seduh dan minum
Diabetes Buah matang Jus dan minuman
Diare Biji menggudu Hancurkan dengan air dan minum
Pencernaan Buah mentah
Bunga mengkudu
Jus dan minuman
Makan selama 5 hari
Kecanduan obat bius Buah mentah Just dan minum
Demam Daun mengkudu Panaskan, tempel dengan minyak
Gusi Buah matang Peras kumur-kumur
Penyakit hati Buah matang Jus dan minum
Kejang pada waktu haid Buah mentah jus dan minum
Infeksi mulut buah Jus dan kumur-kumur
Radang tenggorokan Buah Jus dan kumur-kumur
Sakit perut Batang atau daun
Buah
Minuman seduhan
Jus dan Minuman.

Keterangan :
Jus : sari buah mengkudu dari perasan atau blender maupun juice extraktor

Minuman : ekstra seduhan atau ekstra rebusan

Perawatan kulit wajah dengan sari mengkudu dapat dilakukan sebagai berikut:

Bersihkan muka dengan pembersih yang biasa anda pakai

Basahi kain kasa dengan sari mengkudu

Tutup seluruh wajah termasuk dahi dan juga leher dengan kain kasa tersebut lalu diamkan beberapa saat.

Ulangi dengan menggunakan air hangat. Lakukan beberapa kali. Kemudian bubuhkan larutan penyegar untuk menutup pori-pori. Jika ingin membandingkan pengaruh perawatan muka dengan sari mengkudu, cobalah satu sisi wajah saja dan bandingkan hasilnya.


Khasiat Tanaman Meniran

Tanaman Meniran sangat bermanfaat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Pada tumbuhan segar banyak mengandung kalium dan meniran bersifat deuretik. Tetapi perlu diperhatikan janganlah terlalu banyak mengkonsumsi daun meniran karena dapat menyebabkan impotensi atau lemah syawat.

a. Obat Ginjal
Ambillah kurang lebih 30 gram dauh basah plus beberapa jari akar pepaya kemudian diseduh dengan 250 cc air, minum secukupnya.

b. Obat jerawat
Ambillah 10 gram meniran, 10 gram daun ngokilo, 10 gram daun semanggi. Semua bahan diseduh dengan air mendidih dan bila perlu ditambahkan dengan gula aren ataupun jahe dan madu. Minumlah selagi dalam keadaan hangat. Hal ini bisa dilakukan sehari sekali.

c. Disentri
Ambillah daun meniran yang masih segar kurang lebih 30-60 gram kemudian cuci hingga bersih. Rebuslah daun meniran menggunakan 3 gelas air hingga mendidih dan terisi 1 gelas saja. Bisa juga ditambahkan gula aren atau gula enau sebelum diminum. Minumlah setelah dingin dan minum sekaligus, lakukanlah 2-3 kali dalam sehari.

d. Bisul di kelopak mata
Ambillah daun meniran secukupnya. Kemudian rebus hingga mendidih dan setelah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk mencucui atau merambang mata.

e. Digigit anjing gila
Ambillah 4-6 tanaman meniran yang segar kemudian dicuci hingga bersih. Rebuslah meniran tersebut dengan menggunakan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Setelah dingin kemudian disaring dan air saringannya tersebut diminum. Untuk pengobatan luar, meniran ditumbuk hingga halus dan ditambahkan nasi yang telah dingin sama banyaknya dengan meniran. Campurkan hingga rata.

Tempelkan ramuan tersebut pada bagian yang digigit dan kemudian balut dengan kain perban.


Khasiat Buah Nanas

a. Mencegah tumor, menyembuhkan arthritis
Ambillah buah nanas kemudian kupas dan cuci hingga bersih lebih baik dicuci dengan menggunakan air hangat dan garam untuk mengurangi rasa gatal dari buah nanas. Potong-potonglah daging nanas dan kemudian buatlah jus. Jus bisa ditambah gula atau tergantung selera. Minumlah setiap hari.

b. Anggota tubuh yang habis terbentur
Ambillah buah nanas yang telah dikupas secukupnya, kemudian dicuci dan diparut. Tempelkan parutan nanas ini ke bagian yang memar.

c. Sembelit
Ambillah buah nanas 3 buah yang belum masak kemudian kupas dan cuci hingga bersih. Kemudian buatlah jus atau diparut dan diperas. Minumlah air perasannya tersebut 2 kali dalam sehari masing-masing minum cukup setengah gelas saja.

d. Melunakkan Daging
Olesilah daging tersebut dengan parutan buah nanas, kemudian tusuk-tusuk daging agar enzim cepat meresap, lalu diamkan 20-30 menit baru dibakar atau dimasak.

e. Ketombe
Ambillah daging buah nanas yang telah masak dan telah dikupas. Parutlah dan kemudian disaring. Tambahkan air perasan nanas tersebut dengan air jeruk nipis 1 buah dan aduk hingga merata. Gunakan ramuan tersebut untuk menggosok kulit kepala yang berketombe sebelum tidur. Setelah keesokan paginya, baru dikeramas. Hal ini dapat dilakukan 2-3 kali dalam seminggu.


Khasiat Pacar Air

a. Sakit tulang persendian atau gigitan serangga
Ambillah beberapa lembar daun pacar air kemudian dicuci hingga bersih kemudian tumbuklah hingga lembut dan kemudian tumbukan tersebut ditapalkan keada bagian yang terasa sakit.

b. Peluruh haid
Ambillah akar pacar air kurang lebih 3 buah dengan ukuran yang sedang kemudian cuci hingga bersih. Tumbuklah akar tersebut dan kemudian direbus menggunakan air 3 gelas biarkan hingga dingin dan kemudian disaring. Bila akan diminum juga bisa ditambahkan gula merah secukupnya dan diaduk hingga gula tersebut larut baru kemudian bisa diminum.

Kadang pacar air juga sering disalah gunakan untuk menggugurkan kandungan dengan menggunakan akar, bunga dan bijinya. Caranyapun hampir sama yaitu dengan merebus menggunakan 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa 2 gelas. Saring dan kemudian diminum. Dalam beberapa hari akan kelihatan hasilnya.

c. Mencegah kanker pencernaan
Bahan yang digunakan adalah bijinya kurang lebih 15 hingga 60 gram. Caranya dan aturannya pun sama dengan pengobatan lain.

Khasiat Pacar Cina

a. Anti bau badan
Ambillah kurang lebih 10 gram daun Pacar Cina yang masih segar dan 7 daun sirih yang hijau segar kenudian cucilah hingga bersih. Masukkan 2 gelas air bersih kedalam panci perebusan dan masukkan kedua bahan tersebut untuk direbus hingga air mendidih dan air tinggal 1 gelas. Angkat dan dinginkan untuk kemudian disaring. Minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

b. Haid berlebihan
Ambillah segenggam daun Pacar Cina yang masih segar dan kemudian dicuci hingga bersih. Rebuslah dengan menggunakan 2 gelas air hingga mendidih dan air tinggal 1 gelas. Setelah itu didinginkan untuk disaring. Minumlah ramuan ini 2 kali sehari masing-masing 1/2 gelas sekali minum.


Khasiat Pare

Sebagai obat sakit gigi : Ambilah 5 lembar daun pare yang masih hijau segar dan cuci hingga bersih kemudian tambahkan garam beryodium sedikit saja dan remas-remas daun pare tersebut kedalam setengah gelas air hangat-hangat kuku. Tampung airnya kedalam gelas pakailah tiga kali sehari secara berturut-turut hingga sakitnya bisa berkurang dan sembuh.

Khasiat Pegagan

a. Campak
Ambillah pegagan yang masih segar kurang lebih 60-120 gram yang dicuci hingga bersih. Kemudian direbus dengan 4 gelas air hingga mendidih dan tersisa 21/4 gelas. Setelah dingin kemudian disaring dan diminum. Sehari 3 kali, masing-masing sekali minum 3/4 gelas.

b. Kencing Darah
Ambillah pegagan segar 30 gram, urang-aring 30 gram dan akar alang-alang 30 gram. Ketiga bahan tersebut dicuci hingga bersih. Tuangkan 3 gelasair kedalam panci dan masukkan ketiga bahan tersebut hingga mendidih dan air tinggal tersisa 1 gelas saja. Angkat dan dinginkan kemudian disaring. Mminumlah air saringan tersebut sekaligus. Lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.

c. Radang hati
Ambillah pegagan 240 sampai 600 gram yang masih hijau segar. Kemudian dicuci hingga bersih dan rebuslah menggunakan 3 gelas air bersih hingga mendidih dan air tinggal 11/2 gelas. Setelah dingin kemudian saring dan air saringannya diminum sebanyak 3 kali sehari dalam meminum masing-masing 1/2 gelas.

d. Keputihan
Ambillah pegagan segar sebanyak 15-30 gram dan kemudian dicuci hingga bersih. Rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga mendidih dan air tinggal 1 gelas. Setelah dingin kemudian saring, saringannya diminum sehari 2 kali masing-masing setengah gelas.

e. Mata merah dan bengkak
Ambillah pegagan yang segar secukupnya kemudian dicuci hingga bersih dan bilas dengan air yang telah matang. Daun pegagan yang telah bersih kemudian ditumbuk atau digiling hingga halus. Saringlah tumbukan atau gilingan tersebut pada untuk diambil airnya. Teteskanlah air tersebut pada mata yang sakit dan lakukanlah 3-4 kali dalam sehari dan setiap kali penetesan cukup 2 tetes air saja.

f. Wasir
Ambillah daun pegagan yang masih segar dan akarnya kurang lebih 50 gram kemudian dicuci hingga bersih. Rebuslah dalam air 2 gelas kemudian direbus hingga mendidih selama 15 menit. Angkat dan dinginkan kemudian disaring dan diminum. Lakukanlah sehari sekali hingga sembuh.


Khasiat Pepaya

a. Demam Berdarah
Ambillah 2 daun pepaya yang tidak terlalu tua dan berwarna hijau segar, 3-4 jari kunyit, 2-4 jari temuireng, 3-4 pohon meniran ukuran kecil dan garam secukupnya. Semua bahan dicuci bersih kemudian dihaluskan atau diblender dengan memberi air matang secukupnya. Setelah itu, peraslah bahan yang telah dihaluskan tersebut. Minumlah ramuan tersebut setiap 4 jam sekali hingga pulih. Ramuan ini tidak memiliki efek samping. Dari ramuan tersebut diatas, daun pepaya mempunyai manfaat untuk membunuh virus dan kunyit sebagai antibiotik sedangkan temuireng berfungsi sebagai penyembuh pada lambung yang luka sekaligus meningkatkan nafsu makan. Daun meniran berguna untuk menaikkan trombosit dan garam bermanfaat menaikkan tekanan darah.

Atau satu lembar daun pepaya ditambah tempe busuk sebesar ibu jari dan garam secukupnya tibumbuk sampai halus, lalu diperas dan disaring untuk diambil airnya. Diminum satu kali sehari selama tujuh hari berturut-turut.

b. Memperbanyak air susu
Rebuslah buah pepaya yang masih hijau tanpa dikuliti dan dibelah menjadi dua bagian, sebagian direbus dengan air dan sebagian lagi dengan cuka. Air rebusan diminum dua sampai tiga sendok the setiap hari. Atau bisa juga direbus untuk dijadikan lalapan. Lakukanlah secara teratur.

c. Obat tekanan darah tinggi
Ambillah buah pepaya muda kemudian kupas dan cuci hingga bersih dan diparut. Peras menggunakan saringan dan kemudian air perasannya diminum dengan dosis satu sendok the (kira-kira 5 cc) atau,

Rebuslah dua potong akar pepaya dalam satu liter air sampai mendidih, biarkan hingga tinggal satu gelas. Kemudian disaring dan diminum dua kali sehari, dosisnya cukup satu gelas untuk satu kali minum.

d. Kejang perut, ber-beri, sakit panas dan peluruh haid.
Ambillah daun pepaya yang masih muda secukupnya kemudian cuci hingga bersih dan rebus dengan air bersih. Angkat dan saringlah rebusan tersebut. Minumlah hingga rasa sakit berkurang dan sembuh.

e. Obat cacingan, mengobati sakit ginjal, penyakit kandung kencing dan sendi-sendi yang sakit atau pegal.
Rebuslah dua potong akar dan satu lembar daun pepaya yang telah ditumbuk halus dalam satu liter air sampai mendidih lalu disaring. Minumlah setiap sore hari sebanyak satu gelas.

f. Menambah nafsu makan, membersihkan darah dan untuk penyembuh sakit kuning.
Ambillah bunga pepaya secukupnya kemudian cuci hingga bersih dan rebus dengan air bersih. Angkat dan saringlah rebusan tersebut. Minumlah hingga rasa sakit berkurang dan sembuh.

g. Disentri
Rebuslah dua lembar daun pepaya muda dan satu sendok the bubuk kopi dalam satu liter air sampai mendidih, lalu disaring. Minumlah satu kali sehari sebanyak satu cangkir.

h. Diare
Ambillah 7-10 biji buah pepaya lalu dicuci bersih dan dikunyah atau langsung ditelan. Lakukanlah satu kali setiap hari.

i. Sembelit
Rebuslah satu lembar daun pepaya dalam dua gelas air sampai mendidih hingga tinggal satu lalu disaring dan diminum.


Khasiat Pisang Batu

a. Mengencangkan vagina
Ambillah tunas pohon pisang batu secukupnya kemudian cuci hingga bersih dan kupas kulit luarnya. Tunas pohon pisang tersebut segera diparut atau ditumbuk untuk disaring dan diambil airnya. Minumlah air parutan tersebut satu gelas setiap pagi selama satu minggu.

b. Disentri
Ambillah buah pisang batu 2 buah kemudian panaskan pisang tersebut pada abu dapur kemudian giling hingga halus. Tambahkan 1/2 cangkir ait masak dan aduk hingga tercampur. Peraslah dan saring untuk diambil airnya. Minumlah air perasan tersebut 3 kali dalam sehari.

c. Wasir atau berak berdarah.
Potonglah btang semu pohon pisang kemudian buatlah lubang besar pada bonggolnya yang tersisa. Cairan yang terkumpul dalam lobang tersebut diambil untuk diminum. Lakukanlah hal tersebut 3 kali sehari, cukup masing-masing 1/2 cangkir saja.

d. Radang Paru
Ambillah akar pisang secukupnya kurang lebih 120 gram kemudian cuci hingga bersih. Potong-potonglah dan kemudian digiling atau dibuat jus. Tambahkan sedikit madu dan aduk hingga merata. Minumlah ramuan tersebut sekaligus.

e. Migren
Ambillah kulit pisang yang sudah masak kemudian gilinglah hingga menjadi adonan seperti bubur. Adonan tersebut kemudian dibalurkan di belakang leher, pelipis dan dahi. Lakukan secara teratur.


Khasiat Prasman

a. Diare Kronis
Ambillah segenggam daun prasman segar dan batangnya kemudian dicuci hingga bersih. Potong-potonglah seperlunya kedua bahan tersebut. Masukkan 2 gelas air bersih kedalam panci perebusan bersama bahan tersebut, rebus hingga mendidih dan air tinggal tersisa 1 gelas. Angkat dan dinginkan untuk kemudian disaring. Minumlah air ramuan tersebut 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.

b. Anyang-anyangan
Ambillah kurang lebih 20 gram daun prasman yang lebih segar kemudian dicuci hingga bersih. Setelah itu masukkan ke dalam panci perebusan bersama 2 gelas air bersih dan rebus hingga mendidih dan air tinggal tersisa 1 gelas. Angkat dan biarkan menjadi dingin. Saringlah ramuan tersebut dan minum 2 kali sehari pagi dan siang masing-masing 1/2 gelas.

c. Demam
Ambillah segenggam daun Prasman yang masih segar dan batangnya juga, cucilah hingga bersih kemudian dipotong-potong seperlunya. Rebuslah dengan menambahkan 3 gelas air bersih kedalam panci dan masukkan juga gula aren kurang lebih segenggam ibu jari. Rebuslah hingga mendidih dan air tinggal tersisa 1 gelas saja. Angkat dan dinginkan untuk kemudian ramuan tersebut disaring. Minumlah ramuan tersebut 3-4 kali sehari.

d. Sariawan
Ambillah daun Prasman yang masih segar secukupnya kemudian cuci hingga bersih dan kunyahlah hingga lumat dan biarkan daun Prasman tersebut ada pada sariawan kemudian cairan beserta ampasnya dibuang.


Khasiat Puring

a. Peluruh keringat dan demam
Ambillah 25 lembar daun Puring yang masih hijau segar, cucilah untuk menghilangkan debu atau kotoran lainnya. Rebus menggunakan panci dan air secukupnya. Setelah mendidih angkat dan kemudian masukkan kedalam bak mandi untuk dicampur dengan air dingin. Gunakan untuk mandi air yang telah tercampur rebusan tadi.

b. Sypilis
Ambillah daun Puring dan dicuci hingga bersih. Kemudian dilumatkah hingga sedemikian rupa dan gosokkanlah kebadan hingga merata.


Khasiat Sekalaru

a. Hepatitis A
Ambillah 10 tangkai bunga sekar laru dan cuci hingga bersih kemudian dipotong-potong seperlunya. Masukkan potongan tangkai sekar laru tersebut kedalam panci perebusan bersama 3 gelas air bersih dan ditambahkan pula gula batu secukupnya. Biarkan hingga mendidih dan air tinggal tersisa 1 gelasnya saja. Angkat dan dinginkan, setelah dingin kemudian disaring dan diminum sampai penyakitnya sembuh.

b. Rematik
Ambillah 60 gram seluruh bagian tumbuhan kecuali akarnya sekarlaru yang masih segar kemudian dicuci hingga bersih dan dipotong-potong sesuai keperluannya. Masukkan potongan tersebut ke dalam panci perebusan bersama 3 gelas air dan rebus hingga mendidih dan air tinggal 1 gelasnya saja. Angkat dan dinginkan, saringlah ramuan tersebut dan minum 2 kali dalam sehari masing-masing 1/5 gelas. Lakukan hingga rematik itu hilang dan sembuh.

c. Keputihan
Ambillah 50 gram akar sekarlaru dan cuci hingga bersih kemudian dipotong-potong sesuai keperluannya. Rebuslah dengan menambahkan 3 gelas air bersih hingga mendidih dan air tersisa tinggal 1 gelasnya saja. Setelah dingin kemudian disaring dan air saringan tersebut dibagi menjadi 2 bagian. Minumlah pagi dan sore hari masing-masing 1/2 gelas.

d. Radang tenggorokan
Ambillah seluruh bagian tumbuhan sekarlaru kecuali akarnya yang masih segar, 2 buah kencur dengan ukuran sedang dan 2 siung bawang putih. Kupaslah kecur dan bawang putih. Semua bahan dicuci dengan bersih kemudian dipotong-potong seperlunya dan tumbuk hingga halus. Masukkan setengah cangkir air gula sambil diaduk hingga rata. Kemudian peras dan saring. Air perasan tersebut diminum sebanyak 3 kali dalam sehari selama 5 hari hingga sakitnya sembuh.

Khasiat Sempu

Pencuci perut dan pengobatan penyakit perut, sakit panas dan batuk.
Ambillah buah sempu secukupnya kemudian cuci hingga bersih dan makanlah dalam keadaan segar maupun bisa dibuat jus baru diminum.


Khasiat Sirih

a. Asma, encok, batuk berdahak, batuk kering, mempelajar ASI, keputihan dan air seni.
Ambillah kurang lebih 11 lembar daun sirih dan cuci dengan bersih. Rebuslah daun sirih menggunakan 1,5 liter air hingga mendidih. Setelah air rebusan tadi dingin, segera minum. Minumlah sehari dua kali, pagi dan sore masing-masing 1 gelas. Lakukanlah selama tiga hari berturut-turut.

b. Jantung mengipas
Syarat daun yang digunakan adalah daun sirih yang bertemu dengan ruasnya. Ambilah sebanyak 3 atau 7 pasang. Cucilah hingga bersih dan rebus hingga mendidih dan minumlah air rebusan setelah dingin 2 kali sehari masing-masing 1 gelas.

c. Bau mulut
Untuk menghilangkan bau mulut, pakailah air rebusan daun sirih tersebut untuk berkumur-kumur hingga sela-sela gigi pun bisa termasuki oleh air rebusan daun sirih. Lakukanlah dua kali sehari bisa juga dengan cara meminumnya. Bila tidak tahan dengan rasanya bisa ditambah dengan gula batu agar mengurangi kepahitannya.

d. Sakit mata. Belekan, trachoma
Ambillah 2 lembar daun sirih yang telah dicuci agar hilang dari debu atau kotoran yang menghinggapinya. Letakkan daun sirih diatas piring kemudian siram dengan air panas. Tunggu hingga seduhan daun sirih tersebut menjadi dingin, setelah dingin segeralah merambang atau membersihkan mata. Biarkan air seduhan itu membasahi mata. Lakukanlah seperlunya hingga mata sembuh.

e. Mimisan
Ambillah 1 lembar daun sirih, cucilah hingga bersih. Gulung daun sirih hingga bisa dimasukkan 00 kedalam lubang hidung. Bila terjadi mimisan jangan seklai-kali menegadahkan kepala keatas untuk menghindari menetesnya drah, tetapi hal tersebut sebenarnya sa;ah karena akan memungkinkan darah kembali ke rongga hidung dan sampai kerongga mulut. Maka sebaiknya biarkan menetes dan tahanlah dengan menggunakan tisu, segera masukkan gulungan daun sirih tersebut kedalam lubang hidung.

f. Sakit kepala, pening, pusing dan demam atau demam nifas
Ambillah 7 lembar daun sirih kemudian dicuci hingga bersih, 3 siung bawang merah dan kemenyan 1 ibu jari tangan. Tumbuklah ketiga bahan tersebut hingga halus. Gunakanlah tumbukan tersebut untuk pilis dahi, kurangi gerakan yang akan mengakibatkan jatuhnya pilis dari dahi sebaiknya istirahatlah.

g. Gusi bengkak
Untuk mengobati gusi yang bengkak, ambillah getah sirih dengan cara memetik langsung daun sirih dari pohonnya, maka akan mengekuarkan getahnya. Getah tersebut dioleskan pada gusi yang membengkak. Sedangkan untuk mengobati radang tenggorokan gunakan daun minyaknya dan daun sirih diremas-remas kemudian diborehkan pada leher.


Khasiat Tapak Dara

a. Penyakit Diabetes Mellitus
Ambillah 4 sampai 6 lembar daun Tapak Dara cuci hingga bersih dan rebus dengan menggunakan 3 gelas air. Biarkan hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Minumlah ramuan tersebut pada pagi hari sebanyak 1 gelas atau, Bunga yang digunakan adalah bungan yang masih dalam keadaan kuncup. Ambillah kira-kira 35 sampai 45 gram. Rebuslah dengan menggunakan 3 gelas air hingga mendidih dan tersisa setengahnya. Minumlah 1/2 gelas pada pagi dan sore hari.

b. Penyakit Leukimia
Ambillah kuncup bunga Tapak Dara 20 hingga 25 gram kemudian rebus menggunakan air kurang lebih 4 gelas dan biarkan mendidih hingga tersisa setengahnya. Cara pengobatannya dengan meminum air rebusan tadi setengah gelas pada pagi dan sore hari.

c. Penyakit Hipertensi atau komplikasi
Untuk mengobati penyakit ini, penggunaannya tidak boleh berlebihan cukup menggunakan 4 hingga 5 lembar daun yang telah dikeringkan terlebih dahulu. Penjemuran dilakukan dibawah terik sinar matahari kurang lebih selama 2 hari. Dalam penggunaan daun yang telah kering ini boleh dicampur dengan obat pabrik. Dapat pula ditambahkan madu atau gula sebagai penawar rasa. Cara pengobatannya dapat dilakukan seperti penyakit diatas.

d. Haid tidak teratur
Haid tidak teratur dapat diobati dengan Tapak Dara. Ambillah akar secukupnya dan cuci hingga bersih. Rebuslah dengan menggunakan 5 gelas air hingga mendidih dan biarkan hingga rebusan tersebut menjadi 2 gelas. Saringlah setelah dingin dan minumlah pagi dan sore hari dengan ukuran yang sama.


Khasiat Tebu

Sebagai obat pegal linu
Selain digunakan sebagai bahan pembuatan gula, tebu juga bisa mengobati pega linu. Dengan cara, ambil beberapa tuas tebu, kemudian kupas dan hilangkan bagian yang keras. Kunyahlah tebu tersebut hingga tinggal sepahnya. Atau bisa juga dengan menumbuknya, ampas atau sepah tersebut bisa digosokkan pada bagian yang terasa pegal linu kemudian beristirahat maka badan yang terasa pegal dan linu akan terasa lebih bugar.


Khasiat Rumput Teki

a. Mengobati kulit biru akibat terbentur, radang kuku
Ambil teki yang masih segar kemudian cuci hingga bersih kemudian digiling halus kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit. Sedangkan untuk mengobati penyakit radang kuku adalah dengan cara mengambil umbi teki dan biji kenari kemudian ditumbuk halus. Ambil tumbukan tersebut untuk dibungkus menggunakan daun. Panaskan bungkusan tadi dan kemudian tempel pada kuku yang sakit dan dibalut.

b. Nyeri lambung
Ambillah 30 gram umbi teki dengan menambah 15 gram lengkuas yang telah dikeringkan dan kemudian ditumbuk atau digiling hingga halus menjadi bubuk. Ambillah 3 gram bubuk tersebut, kemudian diseduh menggunakan air panas dan setelah hangat secara medium. Lakukanlah 2 kali sehari.

c. Penyakit busung atau bengkak karna cairan
Ambillah 10 gram teki yang dicuci bersih dan kemudian dicuci bersih dan kemudian digiling halus. Seduhlah menggunakan air panas kurang lebih 150 cc kemudian disaring dan ditambahkan madu aduk hingga rata. Minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari.


Khasiat Terong Siam


Terong Siam mempunyai khasiat sebagai obat nyeri haid, kencing manis, tekanan darah tinggi dan jerawat. Sedangkan bijinya berkhasiat untuk mengobati sakit gigi atau gusi bengkak.

Berkhasiat sebagai obat nyeri haid
Ambillah 20 gram buah terong siam segar kemudian dicuci dan dipotong-potong. Rebuslah dengan menggunakan air 1 gelas selama 16 menit. Setelah dingin airnya, kemudian disaring dan diminum sekaligus.


Khasiat Tomat

a.Demam
Ambillah tomat sebanyak 3 buah kemudian dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Haluskan dan diberi setengah cangkir air masak dan satu sendok makan madu murni. Kemudian peras dan saringlah dan minum. Lakukan sebanyak 3 kali sehari.

b. Wasir
Ambillah beberapa buah tomat yang sudah masak kemudian dicuci hingga bersih. Masukkan minyak kelapa dalam panci bersama dengan buah tomat, rebus kurang lebih selama 10 menit. Angkat dan saringlah dengan sepotong kain. Setelah cairan itu dingin segera oleskan pada wasirnya.

c. Sariawan
Ambillah beberapa buah tomat yang sudah masak kemudian dicuci hingga bersih. Panaskan wajan dan berilah minyak ikan yang segar, lalu buah tomat kemudian dimasak. Setelah matang dan dingin, segera dimakan. Makanlah setiap hari selama 1-2 minggu hingga bersih.

d. Jerawat
Ambillah beberapa buah tomat yang sudah masak kemudian dicuci hingga bersih. Buatlah buah tomat tersebut menjadi jus kurang lebih 100 ml. tambahkan 25 ml alkohol 70%, kocoklah hingga tercampur merata. Oleskanlah campuran jus tomat tersebut ke wajah yang berjerawat dengan menggosoknya. Lakukanlah hal ini 2-3 kali sehari.

e. Kulit terbakar
Ambillah beberapa daun tomat yang masih muda dan segar kemudian cuci hingga bersih. Gilinglah atau tumbuk hingga halus. Kemudian tumbukan atau gilingan daun tomat yang masih muda tersebut dibalurkan hingga merata pada kulit yang terbakar sinar matahari tersebut.


Khasiat Waru

a. Ramuan untuk demam
Ambillah 1 jari akar waru dan cucilah hingga bersih kemudian tambahkan dua akar tanaman tapak liman. Kedua bahan tersebut direbus dengan menggunakan air kurang lebih 3 gelas hingga mendidih dan airnya tinggal tersisa 11/2 gelas. Angkat dan dinginkan untuk kemudian disaring. Bagilah ramuan tersebut menjadi 3 bagian untuk diminum pagi, siang, sore hari.

Ambillah kurang lebih 15 gram daun waru yang masih segar dan kemudian cuci hingga bersih dari debu maupun kotoran yang melekat. Wasukkan daun waru kedalam panci bersama 2 gelas air dan rebus selama 25 menit. Angkat dan dinginkan, kemudian disaring dan bagilah menjadi 2 bagian untuk diminum pada pagi dan sore hari.

Ambillah kurang lebih 15 lembar daun waru yang masih segar. Tambahkan 2 batang tapak liman beserta akarnya. Remas-remaslah kedua bahan tersebut hingga halus kemudian masukkan kedua ramuan tersebut kedalam 1 ember air. Gunakanlah ramuan tersebut untuk mandi dan semua badan terkena untuk dapat meratakannya dapat digunakan handuk kecil untuk meratakannya. Lakukanlah hal ini hingga sembuh.

b. Anti Batuk
Ambillah 10 lembar daun waru yang masih hijau segar kemudian potong-potonglah seperlunya. Masukkan 3 gelas air bersih kedalam panci perebusan bersama daun waru dan rebus hingga mendidih dan air tersisa setengahnya. Angkat dan dinginkan untuk kemudian disaring dan bagilah ramuan tersebut menjadi 3 bagian untuk diminum pada waktu pagi, siang dan sore hari.

Ambillah 12 lembar daun waru yang masih muda dan segar kemudian dicuci hingga bersih dan tambahkan gula batu sebesar jempol kaki dan air 3 gelas. Rebuslah semua bahan hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Angkat dan dinginkan ramuan tersebut dan bagilah menjadi tiga bagian untuk diminum ramuan pagi, siang dan sore.

c. Mencegah uban
Ambillah 12 daun waru yang masih hijau segar, 10 lembar daun mangkokan, 1 genggam tanaman urang-aring, 1 lembar daun pandan wangi. Bahan tersebut dicuci hingga bersih. Dan tambahkan pula minyak wijen dan 10 biji kemiri yang telah dibakar terlebih dahulu. Semua bahan tersebut direbus dengan menambahkan sedikit air dan biarkan air tersebut menguap dan tinggal minyaknya yang tersisa. Ambil minyak yang tersisa dan biarkan dingin. Setelah itu oleskan pada rambut dengan memijit-mijit kulit kepala agar minyak dapat terserap hingga akar-akar rambut.

d. Bisul
Ambillah 5 lembar daun waru yang masih segar dan cucilah hingga bersih, kemudian tambahkan adas dan pulosari secukupnya. Bahan tersebut kemudian digiling hingga halus dan tercampur rata. Ambillah adonan tersebut untuk ditapalkan atau diturapkan pada bisul dan sekelilingnya dan kemudian balut dengan kain perban agar ramuan tersebut tidak mudah jatuh. Gantilah ramuan tersebut 2-3 kali sehari.

e. Berak darah dan lendir pada anak
Ambillah 7 lembar daun waru yang masih muda atau yang masih kuncup dan cucilah hingga bersih dari segala macam kotoran. Kemudian tambahkan setengah cangkir air sambil diremas-remas sampai airnya mengental seperti selai. Air yang kental tersebut kemudian dicampur dengan gula aren kurang lebih sebesar kacang tanah sambil diaduk hingga larut. Peraslah dan saring dengan menggunakan sepotong kain yang halus dan bersih untuk diambil airnya dan minumlah air saringan tersebut sekaligus.


Khasiat Wijen

a. Kolera, disentri, diare
Ambillah beberapa daun wijen kemudian dicuci hingga bersih dan kemudian daun diremas-remas hingga mengeluarkan lendir. Dan lendir itulah yang dipakai untuk menyembuhkan penyakit tersebut.

b. Gangguan saluran kencing.
Ambillah daun wijen kurang lebih 1-2 lembar kemudian dicuci hingga bersih. Remas-remaslah daun wijen bersama dengan 1 gelas air yang matang kemudian saring dan minum. Atau bila menggunakan daun wijen yang telah dikeringkan bisa diseduh dengan air panas.

c. Memperbanyak produk ASI
Ambillah sesendok biji wijen kemudian dihaluskan dengan 1 ibu jari kencur hingga lumat. Kemudian di oleskan diatas kelenjar susu yang berfungsi.

d. Kerontokan rambut
Rambut yang rusak dan rontok dapat dicegah dengan menggunakan daun wijen yang diremas-remas dengan sedikit air kemudian lakukan pemijitan ringan pada akar rambut.

e. Meredakan demam
Ambillah beberapa daun wijen yang telah disuci hingga bersih. Kemudian limatkan atau haluskan daun wijen tersebut. Ambillah secukupnya untuk ditapalkan pada dahi, pelipis kiri dan kanan, sipenderita sebaiknya beristirahat agar tapalan tersebut tidak mudah jatuh dan tetap menempel dengan baik.


Khasiat Wortel

a. Hepatitis
Ambillah wortel yang segar secukupnya, kemudian dicuci hingga bersih dari kotoran yang menempel jangan lupa untuk dibila dengan air matang. Wortel kemudian dipotong-potong menjadi beberapa bagian dan seperlunya saja. Wortel yang telah dipotong-potong kemudian dibuat jus. Atau bisa juga wortel diparut dan disaring. Wortel yang telah dijus atau diparut tersebut kemudian diminum. Lakukan hal ini sehari 2 kali.

b. Sembelit
Ambillah 2 buah wortel yang masih segar dengan ukuran sedang dan 2 lembar daun kubis segar kemudian dicuci hingga bersih. Makanlah kedua bahan tersebut menjadi lalapan saat anda makan bersama nasi.

c. Kadar kolesterol tinggi.
Ambillah kurang lebih 5 buah wortel segar dengan ukuran sedang kemudian dicuci hingga bersih dan buatlah jus atau diparut. Bila diparut, saringlah agar airnya keluar. Minumlah air saringan tersebut dan lakukanlah setiap hari.

d. Pencuci mulut
Ambilah 1 buah wortel dengan ukuran sedang kemudian dicuci hingga bersih dan irislah tipis-tipis. Rebuslah irisan tadi dengan menambahkan 3 cangkir air bersih hingga mendidih selama 20 menit. Angkat dan dinginkan selama 30 menit kemudian disaring. Simpan air saringan tersebut ditempat yang aman atau dalam kulkas kemudian gunakan ramuan tersebut untuk mencuci mulut atau berkumur tenggorokan setiap pagi. Air rebusan wortel tersebut mengandung khasiat antiseptik.

e. Menghentikan kebiasaan merokok
Ambillah wortel 2-3 buah yang masih segar dan berukuran sedang. Cucilah hingga bersih kemudian makanlah setiap hari. Lakukan hal ini selama 2-3 minggu.


Khasiat Wungu

a. Ambeien
Ambillah 3-7 lembar daun wungu dan adas pulowaras. Kedua nahan tersebut direbus dengan menggunakan 3 gelas air hingga mendidih dan kemudian disaring untuk diminum airnya setiap pagi sekali secara teratur.

b. Melancarkan buang air seni
Ambillah 2 genggam daun wungu dan adas pulowaras. Kedua bahan tersebut ditumbuk hingga halus kemudian dioleskan pada bagian perut.

c. Memperlancar haid
Ambillah 3 sendok makan bunga daun wungu yang sudah dikeringkan. Kemudian rebuslah menggunakan 3 gelas air hingga mendidih dan air tinggal 1 gelas saja. Setelah dingin kemudian disaring, minumlah ramuan tersebut 3 hari menjelang datang bulan.

d. Reumatik
Ambillah 2 genggam daun wungu. Cucilah hingga bersih dan kemudian ditumbuk hingga halus. Oleskan pada bagian yang sakit sebagai param.

e. Bisul
Ambillah 2 lembar daun wungu dan minyak kelapa secukupnya. Olesilah daun wungu dengan minyak kelapa kemudian di panggang di atas api, usahakan agar daun tidak hangus. Dalam keadaan hangat-hangat ditempelkan pada bagian yang sakit atau bisul berada.

f. Sakit telinga
Ambillah beberapa daun wungu yang masih segar dan kemudian dicuci hingga bersih menggunakan air matang. Setelah itu daun wungu di tumbuk atau dihaluskan dan peraslah menggunakan penyaring. Ambil beberapa tetes air perasan tadi untuk diteteskan pada telinga yang sakit.


Diperbaharui: 03 December 2017 14:10:21.

loading...

loading...
Di Bawah ini cara Berburu Uang Bitcoin


Bisnis Siap Madan
bisnis Bisnis siap madan yang menguntungkan,modal relatif sedikit tapi menjanjikan untung yang besar...baca.
Ritual Nyeleneh Untuk Menangkal Wabah
ritual Sekelompok orang,lelaki dewasa bergerombol berjalan kaki menyusuri jalan-jalan desa...baca.
Puisi Berbahasa Indonesia
puisi Kumpulan puisi karya dari Eka Senaya yang merupakan kisah perjalanan dan cerminan hidup...Baca Puisi.
Puisi Berbahasa Bali
Kumpulan puisi Berbahasa Bali karya dari Eka Senaya tentang lingkungan Bali, kritik sosial,perjalanan hidup...Baca Puisi.
Karya Sketsa
sketsa Kumpulan karya sketsa dari Eka Senaya tentang kehidupan,alam dan Budaya Bali...Lihat.
Kalender

INPORMASI PENTING

loading...

Di Bawah Ini Cara Menghasilkan Bitcoin di Internet!

Ilmu Agama Hindu

- Doa Sehari-hari
- Memulai beraktivitas 1
- Memulai beraktivitas 2
- Di tempat tertentu
- Gagelaran Balian
- Kakambuh Rare
- Pamegat Sot
- Mantra bebantenan
- Mantra Pemangku
- Sejarah Pr Besakih
- Kahyangan Jagat
- Pura Padharman
- Pura Dadya di Besakih
- pengertian Kamulan
- Fungsi s.kamulan
- Jenis2 s. kamulan
- Cara Mendirikan kamulan
- Nuntun Dewa Pitara
- Piodalan di s.kamulan
- Soroh Sesayut/Tebasan
- Banten Pamelaspas
- Banten Kasanga
- Banten Galungan
- Banten Saraswati
- Banten Pawintenan
- Banten Pacaruan
- Mantra bebantenan
+ Materi Kelas II
+ Materi Kelas III
+ Materi Kelas IV
+ Materi Kelas V
+ Materi Kelas VI
- Sikap Sembahyang Hindu
- Kodefikasi Weda
- Serba-serbi Padewasan
- Tentang Rerainan Bali
- Tata cara Pengabenan
- Jenis2 Perkawinan Bali
- Upacara Potong gigi
- Dharmagita

Primbon Bali
- Menurut Pranatamongso
- Menurut zodiak
- Menurut shio
- Menurut Wuku
- Menurut Lintang
- Tentang Carcan soca

Info Kesehatan
- Jenis-jenis Narkoba
- Ciri-ciri Pecandu
- Cara Cegah Narkoba
- :: P 3 k ::
- Khasiat Tanaman Obat
- Berat,kebutuhan Kalori
- Kalender Masa Subur
- Bahaya Sakit Perut
- Awas Bahaya Plastik

Yuk Sastra
- Chairil Anwar
- Sanusi Pane
- Amir Hamzah
- Kiat Menulis Cerpen
- Contoh Puisi Anak sd
- Contoh Pidato Perpisahan

Ilmu Pertanian
- Cara Stek
- Cara Merunduk
- Cara Okulasi
- Cara Menyambung
- Cara Mencangkok
- Cepat Tumbuh Akar
- Kegagalan Mencangkok
- Insektisida/Pupuk Organik

Pengetahuan Umum
- Apakah Mamalia itu?
- Tentang Burung
- Tentang Reptilia
- Tentang Amfibi
- Tentang Ikan
- Tentang Serangga
- Berkaki Delapan
- Hewan Bercangkang
- Moluska dan Cacing
- Ibukota Negara2 Asia
- Ibukota Negara2 Afrika
- Ibukota Negara2 Eropa
- Ibukota di Amerika & Oceania
- Air Terjun Tertinggi
- Danau Terbesar di Dunia
- Laut Terluas Di Dunia
- Sungai Jembatan
- Gunung Tertinggi di Dunia
- Gurun Terluas di Dunia
- Tanggap G.Meletus
- Tanggap Gempa
- Tanggap Tsunami
- Sejarah G.P.Indonesia
- Lambang G. Pramuka
- Organisasi Gudep
- Pramuka Siaga
- Pramuka Penggalang
- Pramuka Penegak
- Pramuka Pandega
- SAKA
- Tahukah Kamu
- Matauang di Dunia
- Nama-nama Penemu
- Induk Organisasi Olahraga
- Terpanas Di Bumi
- Rumus Kadar Emas
- Peringatan hari penting
- Seri nomor Kendaraan
- Gunung2 di Indonesia
- Laut dan Selat di Indonesia
- Sungai Besar di Indonesia
- Danau2 di Indonesia
- Kenapa Terjadi Petir?
- Serba-serbi Manusia
- Kamus Sain SD

Lain-lain
- Silabus
- Rpp
- Administrasi Guru
- Permainan
- Karawitan/Gambelan
- Bali Tempoe doeloe
- Genjek Perpisahan
+ Indik Aksara
+ Indik Kruna
+ Indik Lengkara
+ Indik Paribasa Bali
+ Indik Pangater
+ Indik Seselan
+ Indik Pangiring
+ Indik Anusuara
- Anting Gunung

Ruang Pembaca